Festival Layang-Layang Nusa Penida, Sedot Perhatian Wisatawan

Festival Layang-Layang Nusa Penida, Sedot Perhatian Wisatawan

KLUNGKUNG, BeritaDewata – Promosi Pulau Nusa Penida, Klungkung hingga saat ini terus dilakukan, walaupun saat ini sudah terbilang maju dan dikunjungi ribuan wisatawan setiap harinya. Selain promo keindahan alam dan wisata spiritualnya, Nusa Penida saat ini juga memiliki potensi baru yakni lomba atau festival layang-layang.

Festival layang-layang dilaksanakan oleh Himpunan Penggiat Pariwisata Nusa Penida (HPPNP) ) di obyek Wisata Panorama Point di Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung Jumat (30/8) lalu.

Festival Layang-Layang Nusa Penida, Sedot Perhatian Wisatawan

Walaupun baru kali pertama digelar namun ternyata banyak wisatawan asing yang antusias datang menyaksikan pertandingan dari siang hingga sore hari ini.

Lomba yang dilaksanakan sebanyak tujuh sesi ini cukup menarik minat para rare angon atau penghobi layang-layang di pulau Nusa Penida. Bahkan peserta dari Nusa Lembonganpun turut hadir, walaupun harus menyeberang pulau dengan membawa serta layangan-layangan ukuran jumbo mereka.

Layangan yang dilombakan yakni jenis Jangan, bebean dan layangan kreasi dengan tema pariwisata dan ukuran minimal dua meter.

ketua HPPNP, Putu Gede Sukawidana mengatakan gelaran festival layang-layang atau HPPNP kite festival 2019 ini segaja digelar di bulan Agustus selain untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 74, juga kegiatan ini untuk memupuk persaudaraan sesama warga dan pemuda di Nusa Penida.

“Selain itu, saat ini juga sedang high season, jadi tamu akan banyak datang dan ini bisa menjadi ivent tahunan yang akan digelar HPPNP,” paparnya.

Sementara terkait dengan tempat, juga di pilih titik panorama point, Banjar Sayor, Desa Tanglad yang ada tepat di barat kawasan bukit teletubies, dengan titik tertingi dan pemandagan luas kedepan viuw laut dan ada sunset di sore hari. Selain lomba layang-layang juga dilaksanakan kegiatan lomba photography yang diikuti oleh insane photographer dengan memposting dan memandai instagram HPPNP.

Salah satu peserta atau rare angon dari Lembongan Gede Jana mengaku mempersiapkan diri secara matang dan dengan lima layangan andalan mereka. “Kita semangat, walaupun nyeberang ke sini bahkan ke sanur juga ikut lomba,” ujarnya.

Sementara untuk pemenang, dari hasil penjurian profesional untuk juara I jenis janggan di menangkan oleh layangan Anderpati dari Lembongan, kemudian pemenang jenis bebean layangan dari ST Eka Purna Wates Tanglad, dan terbaik untuk kreasi dari Gumblong Sidewayah, Klumpu.

Salah satu wisatawan yang hadir, Nicson mengaku sengaja datang keperlombaan layangan ini. Dia datang tidak saja menyaksikan layangan akan tetapi ingin melihat Nusa Penida dari Ketinggian tertinggi di panorama Poin dan menurutnya, tempat ini luar biasa walupun diatas bukit tapi tidak panas cuacanya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta baik saat lomba maupun penyerahan hadiah Sabtu (1/9) malam di Batan Sabo cottage, Desa Sebunibus Nusa Penida.

Bupati Suwirta mengapresiasi perlombaan yang dilaksanakan, sebagai salah satu bentuk masyarakat dalam melaksanakan hobi, maupun kegiatan yang dapat menunjang pariwisata di Nusa Penida.

Perlombaan hari ini jika ingin digunakan sebagai event tetap dalam kalender tahunan, maka event ini akan dibiayai oleh pemkab Klungkung, dengan syarat kedepannya dipastikan koordinasikan dengan baik dengan pemerintah Kabupaten Klungkung dan membuat proposal dengan baik.

Bupati Suwirta berpesan kepada masyarakat Nusa Penida agar nanti jika pada saat mengeluarkan ide, maka keluarkanlah ide, jangan ketika ada yang mengeluarkan ide malah jadi ribut, sekarang mari dibalik jika memang memiliki ide dan ada tempat untuk menuangkannya mari kita lakukan.

Sementara untuk dilokasi lomba layang-layang saat ini juga sedang dilakukan penataan, yang rencananya dibangun berbagai sarana pariwisata utamanya ada selfie point, yang mana diharapkan bisa membantu para driver atau sopir untuk mencari tambahan penghasilan. “Kita berikan nanti 30 persen hasilnya kepada para sopir yang mau mengajak tamunya ke tempat ini,” ujar Sekretaris HPPNP I gede Buana yang akan menata obyek wisata ini. Selain itu juga ada wisata Atv dengan jarak 18 Kilometer di kawasan ini.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here