Pengempon Pura Tangkas Kori Agung Gelar Upacara Penyineban Karya

Pengempon Pura Tangkas Kori Agung Gelar Upacara Penyineban Karya

KLUNGKUNG, BeritaDewata – Setelah sebelumnya pada Kamis rahina Wraspati Wage Sungsang,(18 Juli 2019). Melaksanakan Puncak Karya Ngenteg Lingih, Pengebek, Pengodal, Mapeselang, Mejejiwan, Pendanaan.

Sabtu, Saniscara Pon Dungulan (27 Juli 2019) Pengempon Pura Pangeran Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kenuruhan Desa Akah Klungkung melaksanakan Upacara Penyineban Karya, Nuwek,Ngeseng, Mendem Bagia Pula Kerti dan Rsi Bojana bertempat di Pura Pangeran Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kanuruhan Desa Akah Klungkung.

Menurut Klian Pura Pangeran Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kanuruhan I Nengah Suita, menyatakan upacara hari ini merupakan bagian dari Karya Agung Memungkah, Mendem Pedagingan, Miwah Ngenteg Linggih. Dengan jumlah pengempon 150 KK, dan Per-KK dikenakan urunan sebesar Rp 3.000.000,00.

Sebelum Rsi Bhojana, Panglingsir Pura Tangkas Kori Agung, Jro Mangku Gede Made Kasta mengucapkan terimakasih kepada sulinggih yang telah muput upakara sehingga berjalan dengan baik. Mangku Kasta juga menjelaskan upakara dengan 19 palet ini berjalan dengan baik berkat sulinggih. “Kami keluarga besar, memohon maaf bila ada sambutan dan pelayanan yang tidak memuaskan “, ujar Mangku Kasta. Hal yang Istimewa juga satu dari beberapa sulinggih yang muput, ada Pandita dari Kediri Jawa Timur.

Dalam Rsi Bojana dihadiri oleh, Ida Pedanda Istri Mayun saking Gria Aan Banjarangkan, Ida Pedanda Gde Putra Abah saking Gria Tengah Akah Klungkung, Ida Dalem Surya Dharma Sogatha Saking Puri Agung Klungkung, Ida Pedanda Gde Wayan Dharma, Ida Pedanda Gde Jelantik Sogatha, sareng Ida Pedanda Gde Wayan Jelantik Pradnya Putra saking Gria Wanasari Sidemen, Ida Pedanda Gde Ketut Kekeran saking Gria Bajing Klungkung, Ida Pandhita Rsi Agung Siddhi Yoga Gria Singosari Blahbatuh Gianyar, Ida Romo Pandhito Darmiko Sandhi saking Kediri Jawa Timur, Ida Dalem Semara Putra Saking Puri Agung Klungkung, Ida Pedanda Gede Putra Tembau selaku Yajamana Karya, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Penglingsir Pura Pangeran Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kanuruhan. Dan Wayan Budarsana selaku pengenter Karya.

Persembahyangan bersama yang dilaksanakan pengempon Pura dan Pasemetonan Pangeran Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kanuruhan dalam rangka Upacara Penyineban Karya, Nuwek, Ngeseng, Mendem Bagia Pula Kerti yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Tembau berlangsung dengan hikmat.

Upacara penyineban juga dirangkai dengan beberapa wewalenan Tari Rejang, Topeng Sidakarya, wayang lemah dan beberapa wewalenan lainnya . Upacara terakhir pada Minggu esok adalah Meajar-ajar atau Nyegara Gunung ke Tampaksiring dan Pura Goa Lawah.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here