Pangdam Minta Media Jangan Provokatif Jelang IMF

Pangdam IX Udayana MayJend TNI Benny Susianto

Denpasar – Pangdam IX Udayana MayJend TNI Benny Susianto meminta kepada seluruh awak media baik cetak, online maupun televisi dan radio agar menghindari pemberitaan yang provokatif di Bali. Alasannya, saat ini Bali sedang diatensi oleh dunia internasional karena akan menggelar sidang besar IMF dan World Bank.

“Sekarang ini Bali sedang diplototi dunia. Panitia IMF-Worl Bank terus memperhatikan informasi tentang Bali. Mereka terus bertanya tentang Bali, tentang situasi terkini di Bali. Ini harus dijaga. Sementara di pihak lain, masyarakat kita suka denga berita yang provokatif, yang negatif, yang mudah diingat. Ini yang harus diperhatikan oleh awak media,” ujarnya di Makodam IX Udayana Bali, Jumat (13/4).

Menurutnya, menjelang pelaksanaan IMF, ada sejumlah agenda yang harus diselesaikan. Beberapa mega proyek pembangunan besar masih harus dikerjakan.

Di Bandara Ngurah Rai misalnya, akan ada reklamasi. Isu ini cukup sensitif di Bali. Dalam proses pembangunan menjelang IMF tersebut, peran media sangat dibutuhkan.

“Media harus ikut mendukung berbagai pembangunan infrastruktur. Jangan sampai pemberitaan media justeru memberikan informasi yang bisa menghambat pembangunan berbagai infrastruktur menjelang IMF-World Bank,” ujarnya.

Pangdam Udayana juga mengingatkan media selama proses Pilkada berlangsung di Bali. Menurutnya, proses Pilkada juga terus dipantau panitia IMF-World Bank, baik panitian dari Indonesia maupun panitia dari IMF dan World Bank.

“Pilkada di Bali juga sangat menentukan bagi panitia IMF-World Bank. Kalau Pilkadanya rusuh, maka dampaknya besar,” ujarnya.

Dampak itu baik bagi penyelenggaraan IMF-World Bank, juga bagi dunia pariwisata Bali pada umumnya. Disinilah peran pemberitaan media sangat diperlukan.

Bila beritanya baik, maka dampaknya akan positif. Sebaliknya bila beritanya buruk maka dampaknya juga buruk, baik bagi IMF-World Bank, maupun bagi dunia pariwisata pada umumnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here