Ciptakan Pilkel Aman, Kecamatan Gianyar Gelar Deklarasi

Deklarasi Pilkel Aman di kantor Camat Gianyar, Jumat (10/1/2020)

GIANYAR, BeritaDewaa – Meninandaklanjuti arahan Bupati Gianyar, I Made Mahayastra agar pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di Kabupaten Gianyar berjalan damai dan aman. Kecamatan Gianyar menggelar Deklarasi Pilkel Serentak Aman yang akan dilaksanakan oleh 4 desa di Kecamatan Gianyar, Jumat, (10/1/2020). Deklarasi ini diharapkan dapat menciptakan kondisi aman dan nyaman pada Pilkel yang akan dilaksanakan 19 Januari mendatang.

Plt. Camat Gianyar, I Wayan Widana, SSTP mengatakan, ada empat point yang disampaikan dalam deklarasi ini. Point pertama, mewujudkan Pilkel Serentak yang Aman, Tertib, Damai, Berintegritas tanpa hoax dan politik uang. Kedua, melaksanakan Pilkel sesuai dengan Segala Peraturan dan Tata Tertib yang telah disepakati bersama. Ketiga, siap menerima kekalahan dan mengakui kemenangan yang sah calon lain yang sesuai mekanisme dan tata tertib yang berlaku. Ke empat, berkewajiban menyampaikan dan menghimbau isi deklarasi kepada para pendukung dan simpatisan untuk bersama-sama mewujudkan Pilkel Aman di Kecamatan Gianyar.

Dikatakan Widana, Kabupaten Gianyar yang hampir 70 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya berasal dari pariwisata. Sehingga kondusifitas, keamanan dan kenyamanan di desa sangat perlu dijaga.“Intinya dihimbau kepada para calon untuk siap menerima apapun hasil Pilkel, menang atau kalah. Dan kepada panitia harus menjaga netralitas selama penyelenggaraan Pilkel,” kata Widana.

Ditambahkan Widana, terdapat empat calon Perbekal yang akan bertarung di empat desa tersebut. Yakni, Desa Sumita sebanyak 3 orang calon, dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 2.065 orang dari 6 banjar Se-Desa Sumita terdiri dari 1.011 laki-laki dan 1.054 perempuan. Desa Bakbakan sebanyak 2 orang calon, dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 4.272 orang dari 9 banjar se-Desa Bakbakan, terdiri dari 2.166 laki-laki dan 2.106 perempuan. Selanjutnya, Desa Petak Kaja sebanyak 3 orang calon, dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 3.084 orang dari 4 banjar se-Desa Petak Kaja, terdiri dari 1.557 laki-laki dan 1.527 perempuan. Serta, Desa Sidan sebanyak 2 orang calon dengan jumlah pemilih sementara sebanyak 4.007 orang dari 7 banjar se-Desa Sidan terdiri dari 1.990 laki-laki dan 2.017 perempuan.

Kapolsek Gianyar, Ketut Suastika mengatakan, bersama unsur TNI sudah menyiapkan personil yang ditugaskan melakukan pengamanan pelaksanaan Pilkel Serentak tersebut. Sistem pengamanan, di setiap TPS akan disiagakan personil yang mengawasi dengan mekanisme yang sudah ditetapkan. “Personil kita siagakan di luar TPS. Tidak di dalam TPS. Ini dalam rangka menjaga netralitas,” kata Suastika.

Suastika menambahkan, dalam pengamanan tersebut juga mendapat dukungan BKO dari Polres Gianyar kaitan dengan penyelenggaraan Pilkel Serentak di Kabupaten Gianyar.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here