Jokowi Minta Rekonsiliasi Nasional Segera Terwujud

Gubernur Bali, I Wayan Koster bersama Presiden RI Jokowidodo

GIANYAR, BeritaDewata – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tegas siap melakukan rekonsiliasi nasional dengan seluruh elemen bangsa di tengah situasi politik yang tidak kondusif saat ini. Hal ini disampaikan Jokowi saat mengunjungi, Pasar Sukawati, Kabupaten Gianyar, Jumat (14/6).

Saat ditanya wartawan soal upaya rekonsiliasi nasional, Jokowi menegaskan, jika dirinya siap setiap saat untuk rekonsiliasi. “Dimana saja rekonsiliasi itu bisa. Bisa dengan naik kuda, bisa di Yogyakarta, bisa dengan naik MRT juga bisa. Semuanya bisa dilakukan demi kepentingan Indonesia yang lebih besar,” ujarnya.

Menurut Jokowi, yang paling penting dari rekonsiliasi nasional adalah bagaimana caranya bisa memajukan bangsa Indonesia yang besar. Urusan Indonesia bukan hanya hanya soal Pemilu saja, bukan hanya soal kalah dan menang dalam Pemilu, tetapi yang lebih penting adalah soal kemajuan bangsa Indonesia.

“Yang paling penting adalah kita harus bekerja sama, bersama-sama membangun negara ini,” ujarnya. Dirinya bersama seluruh elemen bangsa siap melakukan rekonsiliasi nasional demi kepentingan bangsa yang lebih besar. Ia siap selalu, bila pihak-pihak terkait mengajaknya untuk bertemu dan melakukan rekonsiliasi, kapan dan dimana saja.

Saat ditanya soal proses hukum yang saat ini sedang berjalan di MK, Jokowi menegaskan bahwa pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menghormati seluruh proses hukum yang sudah ada dan tidak perlu terlalu banyak berpolemik yang bisa menimbulkan kegaduhan publik. “Proses hukum harus kita hormati dan kita hormati,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah semakin cerdas untuk membedakan mana yang benar dan salah. Proses hukum di MK itu sah dan masyarakat diminta untuk menghormati dan menghargai keputusan hukum di MK.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here