Bupati Klungkung Terima Tim Penilai Lomba PHBS Tingkat Nasional

Beritadewata.com, Klungkung – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung dan TP PKK Desa lembongan  menerima Tim Penilai Lomba Pelaksanaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pusat, bertempat  di Balai Masyarakat Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kamis, (04/05/2017) .

Dalam kegiatan lomba Penilaian PHBS Tingkat Nasional Tahun 2017,Tim Penilai Lomba Verifikasi PHBS dipimpin ketua Tim penilai, drg Laksmi Widyastuti bersama Theresia Rabina, Tim disambut oleh  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta serta turut hadir menyambut  Wakil Ketua Tp PKK  Ny Sri Kasta  serta para kader TP PKK Desa Lembongan.

Kegiatan  penilaian ini dilaksanakan  sehari dengan kreteria penilaian meliputi pelayanan Posyandu, ibu bersalin ditolong oleh tenaga Kesehatan, ibu memberi Asi Eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan jamban dan membrantas jentik nyamuk dan larangan merokok dari Desa Adat dan sebagainya.

Baca Juga :  Hatinya PKK Pacu Semangat Warga Desa Ulakan Bercocok Tanam

Ketua TP PKK Desa lembongan Ny Arjaya Sugiartini  dalam  sambutanya  menyampaikan terimakasih dan selamat datang Tim Penilai Lomba PHBS beserta  semua undangan yang telah bersedia meluangkan waktunya disela-sela kesibukan untuk hadir dalam kegiatan Lomba Pelaksanaan PHBS ini.

Tp Pkk Desa Lembongan telah Siap menerima tim penilaian dari Tim pusat karena Tp PKK Desa selama ini sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan meliputi  kegiatan yang telah dilaksanakan, seperti sosialisasi PHBS, tatanan Rumah Tangga, Gerakkan serentak PSN, penyegaran Kader PHBS, pengolaan data dan evaluasi, monitoring Evaluasi dan melaporkan hasil kegiatan secara rutin dan menjabarkan 10 hasil indicator diantaranya dengan metode  pembinaan, penyuluhan, dari PKK kabupaten dan penyebaran informasi, kepada TP Pkk kecamatan dan PKK desa lembongan.

Baca Juga :  Crekeh Genjer Juarai Lomba Gong Kebyar Wanita di Klungkung

Disamping itu juga melaksanakan  kunjungan  ke rumah-rumah, pembinaan PHBS di Rumah Tangga, pemilahan sampah rumah tangga dan melaksanakan  senam lansia, pesantian dan lain sebagaianya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam Sambutannya menyampaikan kegiatan ini juga memerlukan waktu yang cukup ditengah kesibukan masyarakat sebagai pekerja maupun ibu Rumah Tangga, mampu melakukan hidup bersih dan sehat, Bupati Suwirta juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Pengerak Pkk Kecamatan dan PKK desa lembongan, yang sudah bersemangat dan mampu menyiapkan berbagai kegiatan lomba agar bisa berjalan dengan lancar.

“Potesi dan kesibukan bukanlah suatu paksaan untuk melakukan hidup bersih dan sehat, ini merupakan kewajiban dan kebutuhan kita semua dalam mewujudkan hidup bersih dan sehat.” Terang Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Pelopor Pembelajaran Jarak Jauh, Gedung Universitas Terbuka Siap Dibangun

Lebih lanjut dikatakan Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten terkecil  di Provinsi Bali dan satu-satunya  memiliki kepulauan, yaitu di Kecamatan Nusa Penida yang  sudah menyandang 7 predikat resmi.

Desa Lembongan juga ada satu  distinasi yang sudah dikenal dengan jembatan kuning/cinta yang kini menjadi icone di Nusa Lembongan.  Dalam menunjukan keseriusan  Bupati Suwirta juga memberikan suport penuh kepada TP Pkk Kabupaten, Kecamatan danPKK Desa Lembongan Untuk melakukan berbagai kegiatan yang diintegrasikan ke para OPD yang ada di Kabupaten Klungkung.

disela -sela acara diselingi dengan goyang dumang dari 10 kader  PHBS Pkk desa lembongan dengan mebawakan 10 indikator melalui peragaan alat dan cara melakukan berbagai kegiatan indicator PHBS.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here