Jemput Wacana Soal Dana Kelurahan, DPRD Buleleng Bertemu Kemendagri


Denpasar- DPRD Buleleng mendatangi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa hari lalu. Kedatangan beberapa anggota DPRD Buleleng tersebut untuk berkonsultasi terkait dengan penerapan Regulasi PP 17 tahun 2018 terkait Dana Kelurahan dan Kecamatan.

Wakil Ketua DPRD Buleleng Made Adi Purnawijaya menjelaskan, kedatangan anggota dewan Buleleng ke Jakarta bertujuan untuk berkonsultasi soal penerapan PP no 17 Tahun 2018.

“DPRD Buleleng langsung konsultasi ke Kemendagri. Saat di Kemendagri kami diterima langsung Bidang Kecamatan dan Kelurahan. Kami mendapatkan banyak penjelasan dan masukan soal dana kelurahan dan kecamatan,” ujarnya saat dikonfirmasi Jumat (18/1).

Menurut Purnawijaya, pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan alokasi dana kelurahan karena selama ini hanya dialokasi dana desa sehingga banyak kelurahan di Indonesia ingin memperjuangkan agar kelurahan diubah menjadi desa agar mendapatkan dana desa. Dalam peraturan tersebut diketahui jika pemerintah daerah harus menyiapkan dana untuk kelurahan sebesar Rp350 juta dari APBD.

Sementara dari pusat akan ditambah sebesar dana desa terkecil untuk kelurahan dan hanya dipergunakan antara lain salah satunya pemberdayaan di kelurahan yang bersangkutan. Pemberdayaan dilakukan agar antara kecamatan, desa dan kelurahan terkoneksi dengan baik pembangunannya.

Menurut Purnawijaya, di Kabupaten Buleleng seluruhnya ada 19 kelurahan yang selama ini tidak mendapatkan kucuran dana seperti dana desa.

“Kita tetap berharap dengan diberikannya dana kelurahan, maka 19 kelurahan yang ada di Buleleng lebih cepat bisa membangun wilayahnya masing-masing sesuai dengan potensinya dan tidak ada lagi suatu ketimpangan dengan desa di bidang pembangunan,” ujarnya.

Ia juga berharap hal yang sama juga terjadi untuk dana desa. Para kepala desa dan aparatnya bisa menggunakan dana desa sebaik-baiknya, membangun infrastruktur desa, mengembagkan potensi ekonomi desa dan jangan sampai dana desa disalahgunakan.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here