Bebas Visa, Ini 4 Tips Traveling ke Qatar

Istimewa

JAKARTA, BERITADEWATA – Qatar adalah negara emirat di kawasan Timur Tengah dan terletak di semenanjung kecil di Jazirah Arab. Salah satu negara terkaya di dunia ini menawarkan berbagai tempat wisata menarik dengan pemandangan memukau.

Qatar juga dinobatkan sebagai negara yang menjadi tuan rumah event Piala Dunia FIFA 2022. Pemerintah Qatar telah bekerja sama dengan Qatar Airways, secara resmi memberlakukan regulasi bebas visa untuk 80 negara. Indonesia termasuk salah satunya.

Tidak perlu ribet mengurus visa, Anda boleh memasuki wilayah Qatar hanya dengan memperlihatkan paspor saat tiba di Hamad International Airport. Menarik sekali kan? Tiket pesawatnya bisa Anda dapatkan di Traveloka dan Anda bisa cek harga tiket pesawat terbaru di sini. Bagi Anda yang baru pertama kali ke Qatar, Anda harus tahu lebih dahulu aturan-aturan yang berlaku di masyarakat lokal. Berikut tips yang bisa Anda aplikasikan saat mengunjungi destinasi-destinasi favorit di Qatar.

1. Budaya Islam yang Kental
Anda harus selalu ingat bahwa Qatar merupakan negara Islam. Karena itulah aturan yang berlaku berdasarkan Sharia Law atau hukum Islam. Anda harus tahu apa saja hal-hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan selama berada di Qatar. Jika Anda berjalan-jalan saat Jumat siang, Qatar akan menjadi sangat sepi karena para warga sedang beribadah di masjid.

Baca Juga :  Satgas Waspada Investasi Hentikan Tujuh Kegiatan Penghimpunan Dana Tanpa Izin

Restoran, kafe, dan museum juga tidak buka hingga pukul 1-2 siang pada hari Jumat. Dua destinasi wisata yang paling populer, yaitu Museum Seni Islam dan Souq Waqif, keduanya tutup pada hari Jumat pagi hingga siang. Jadi, jika singgah di Qatar hari Jumat, Anda harus menyusun rencana perjalanan dan memperhatikan jam-jam tersebut. Selain itu, metro di Qatar juga tidak beroperasi hingga pukul 14.00 pada hari Jumat.

2. Berbusana Sopan
Saat berada di Qatar, perhatikan detail busana yang Anda gunakan. Bagi perempuan, tidak diperkenankan memakai pakaian terbuka seperti tank top, hot pants, rok mini maupun bikini. Sementara bagi laki-laki, sebaiknya jangan memakai celana pendek ataupun baju tanpa lengan. Selama di Qatar, usahakan untuk selalu berpakaian sopan meski udara sedang panas.

Penduduk lokal dan ekspatriat di Qatar biasanya berpakaian sopan dengan busana panjang dan longgar. Baju renang hanya diperbolehkan di area kolam renang hotel atau di private beach. Jika mengunjungi masjid atau tempat ibadah, aturan berpakaian tentu jauh lebih ketat. Perempuan tidak akan diizinkan masuk ke masjid kecuali jika mengenakan hijab atau scarf yang menutupi rambut. Bila melanggar, Anda tidak akan diizinkan masuk.

Aturan berpakaian juga lebih ketat diberlakukan selama Ramadhan. Di kota-kota kecil dan daerah pedesaan biasanya lebih konservatif, jadi Anda harus selalu berpakaian sopan meski berada diluar ibu kota Qatar. Meski aturan berpakaian di bandara Qatar lebih liberal, sebaiknya tetap gunakan busana sopan jika ingin merasa lebih nyaman saat transit di Doha.

Baca Juga :  Pemprov Bali Umumkan Test PCR Gratis bagi Warga yang Kontak Erat dan Bergejala

3. Perhatikan Musim
Seperti negara Timur Tengah lainnya, Qatar mempunyai iklim gurun. Panas dan kering adalah hal yang akan Anda temukan di sini. Tapi bukan berarti di Qatar panas terik sepanjang tahun. Di Qatar ada juga musim dingin (biasanya berlangsung di bulan Desember sampai Februari) dengan suhu rata-rata 14-25 Celcius. Hembusan angin gurun, langit yang cerah, dan curah hujan minimal, akan memberikan suasana seperti musim semi di Qatar.

Sejauh ini, musim dingin adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Qatar (inilah saat Piala Dunia FIFA 2022 akan berlangsung). Qatar tentu bukan destinasi yang ingin Anda kunjungi di puncak musim panas. Bulan Mei hingga September suhu biasanya berkisar antara 40 derajat Celcius. Namun di bulan Juni, Juli, dan Agustus suhu bisa melonjak hingga 43 derajat Celcius.

4. Perhatikan Waktu Kunjungan
Saat melancong ke Qatar, Anda juga harus mempertimbangkan apakah waktu kunjungan Anda bertepatan dengan bulan Ramadhan. Di negara Islam seperti Qatar, para penduduk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari.

Baca Juga :  Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16% di Natal dan Tahun Baru

Di bawah Hukum Syariah, makan atau minum di tempat umum di Qatar selama Ramadhan adalah hal ilegal. Sebagian besar kafe dan restoran tutup pada siang hari, sementara toko-toko, museum, dan souq semuanya mematuhi jam-jam terbatas. Aturan lain, seperti aturan berpakaian, juga ditegakkan lebih ketat selama Bulan Suci Ramadhan.

Itulah 4 tips traveling ke Qatar yang sudah dirangkum oleh Traveloka. Di Qatar Anda akan dimanjakan dengan view desain futuristik dan bangunan peninggalan sejarah warga Qatar zaman lampau. Jangan lupa untuk datang ke Souq dan mencoba Safari Gurun (Desert Safari) yang ikonik saat berada di sana. Biasanya paket wisata gurun sudah termasuk pemandu tur, makan, mobil, dan akomodasi di tengah Gurun.

Anda bisa memesan tiket pesawat ke Qatar di Traveloka. Cari tiket pesawat murah & promo dengan cepat dan temukan harga terbaik untuk setiap produk Traveloka yang Anda butuhkan.

Traveloka bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan di tanah air dan seluruh dunia untuk menerbangkan Anda ke tujuan mana pun Anda inginkan! Pembelian tiket di Traveloka juga menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking. Happy Traveling!

 

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here