Yuk Simak Keuntungan Memilih Model Bisnis Secara Online

Ilustrasi Dok Net

BERITADEWATA – Kemajuan teknologi memang banyak membawa dampak baik terhadap kehidupan manusia, banyak yang aktivitas yang dulunya susah dilakukan sekarang menjadi mudah karena adanya teknologi terbaru.

Salah satu kemudahan yang kita semua rasakan adalah mudahnya untuk membeli sesuatu, karena sekarang kita tidak repot lagi untuk keluar rumah, hadirnya berbagai platform bisnis online memberikan kita banyak keuntungan.

Berjualan secara online itu sangat memudahkan penjual, dengan hanya bersantai dari rumah bekerja dari laptop dan komputer anda sudah bisa mengembangkan bisnis yang sedang dijalani. Model bisnis secara online ini bisa anda manfaatkan untuk memulai bisnis dengan modal yang sedikit. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform seperti website, media sosial, dan juga e-commerce sebagai tempat dari toko online anda.

Namun, banyak orang yang memilih e-commerce sebagai tempat pertama untuk memulai bisnis online. Membuka online shop di e-commerce juga tidak susah anda hanya perlu mendaftarkan toko anda, melengkapi beberapa persyaratan yang diminta, lalu kemudian langkah terakhir adalah memposting produk-produk jualan anda beserta dengan deskripsinya.

Setiap e-commerce memiliki cara pendaftaran yang berbeda-beda, salah satunya Blibli.com, sebelum mendaftarkan online shop anda di e-commerce ini anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting.

Simak syarat dan cara daftar online shop di Blibli.com di bawah ini.

  • Nomor rekening penjual yang valid
  • Jika kamu seller perorangan, siapkan KTP dan NPWP
  • Jika kamu seller perusahaan, siapkan:
    – KTP Direksi,
    – NPWP Perusahaan,
    – Akta Pendirian dan SK Menkeh,
    – Akta Perubahan,
    – SIUP,
    – TDP, dan
    – Surat Domisili
  • Jika seller belum memiliki NPWP, pada saat pendaftaran toko online, kolom NPWP diisi dengan nomor dan foto KTP terlebih dahulu.

Membuka online shop dapat memberikan beberapa keuntungan untuk bisnis anda, berikut beberapa keuntungan yang akan anda rasakan jika menggunakan model bisnis online. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Lebih Hemat Biaya
Memilih untuk berjualan secara online, adalah cara terbaik untuk lebih menghemat biaya pengeluaran yang akan anda keluarkan saat menjalani bisnis. Bisnis secara online ini sangat bisa anda lakukan sendiri, tanpa harus menyewa ruko dan juga untuk diawal anda juga tidak perlu merekrut karyawan.

Anda hanya perlu belajar cara memasarkan produk yang benar dan juga kemudian belajar cara pengemasan barang yang rapi, karena hal-hal ini menjadi bagian penting dari model bisnis online. Jadi modal yang anda butuhkan untuk berbisnis online ini hanyalah modal untuk membeli stok produk jika anda memulainya dari rumah, anda hanya perlu belajar memanfaatkan semua platform yang ada.

2. Dapat menjangkau pasar yang lebih luas
Berbeda dengan saat anda mempunyai toko fisik di mana anda harus melayani konsumen satu per satu menjelaskan informasi produk yang anda jual, namun di online shop anda tidak perlu repot akan soal itu.

Pasalnya pembeli bisa membaca langsung informasi produk di deskripsi yang sudah anda siap di setiap produk jadi tanpa harus bertanya terlebih dahulu pembeli sudah mendapatkan informasi dari produk yang and jual. Menggunakan online shop juga dapat membuat toko anda menjangkau pasar yang lebih luas, pasalnya yang akan membeli produk anda ini berasal dari mana-mana atau bahkan dari luar negeri.

3. Potensi toko dikenal sampai luar negeri
Bisnis online ini memang menggiurkan, toko anda bisa memiliki potensi dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. Jika anda ingin mendapatkan kesempatan itu hanya dari berjualan secara offline maka anda harus menunggu untuk waktu yang lama. Online shop ini mampu menjangkau pembeli yang jauh sekalipun. Keuntungan seperti inilah yang harus bisa anda manfaatkan saat membuka online shop.

4. Mempermudah Anda untuk berinteraksi dengan pembeli
Dengan menggunakan online shop anda akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan konsumen, karena tidak akan ada lagi promotion dengan cara direct selling yang biasa dilakukan pebisnis yang memiliki toko secara fisik.

Di online shop ini anda bisa memanfaatkan berbagai fitur dari platform yang anda gunakan sebagai tempat dar toko anda. Anda juga bisa membuat pesan otomatis yang membuat anda juga tidak perlu harus membalas satu-satu chat dari para pembeli.

Platform-platform yang umum digunakan oleh para penjual, seperti media sosial, website, dan juga e-commerce memiliki fitur-fitur yang dapat menghubungkan penjual dan pembeli. Misalnya di Instagram pembeli bisa memanfaatkan fitur Direct Message atau DM, begitupun di e-commerce juga sudah tersedia ruang chat antara penjual dan pembeli. Terlebih lagi di e-commerce penjual bisa melihat semua respon ataupun keluhan dari pembeli terhadap produk yang dijual di kolom ulasan yang sudah disediakan.

Keuntungan yang anda dapatkan selama membuka online shop ini akan memberikan anda pengalaman tersendiri, terlebih lagi jika toko anda menjadi dikenal banyak orang tentu akan menjadi pengalaman dan proses yang mengesankan. Berbisnis secara online juga mengajarkan anda bagaimana cara menangani keluhan dari pelanggan, belajar mengemas barang, dan masih banyak hal lain yang bisa anda pelajari saat menggunakan model bisnis online.

Banyak hal lainnya yang bisa anda pelajari sebelum membuka online shop, terutama adalah cara memasarkan produk yang akan anda jual karena hal ini juga akan jadi penentu untuk sebuah bisnis online. Daftar toko online anda di Blibli.com dapatkan berbagai kemudahan serta keuntungan yang menarik.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here