Wakil Bupati Klungkung Buka Lomba Tari Jauk Manis dan Mekendang Tunggal

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta membuka Lomba Jauk Manis dan Mekendang Tunggal Tingkat Umum Se-Bali

KLUNGKUNG, BERITADEWATA – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta membuka Lomba Jauk Manis dan Mekendang Tunggal Tingkat Umum Se-Bali yang digelar serangkaian hari ulang tahun (HUT) ke 33 ST Divarya Dharma Banjar Nyuhaya Sidayu, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Minggu (14/8/2022).

Dalam Sambutannya, Wakil Bupati Made Kasta sangat senang dengan lomba Jauk Manis dan Mekendang Tunggal yang diadakan oleh ST Divarya Dharma dan berharap kedepannya agar tari tarian yang lain juga bisa di perkenalkan dan dilombakan, seperti salah satu tari yang berasal dari Desa Jumpai, Kabupaten Klungkung yaitu Tari Telek. Wakil Bupati Made Kasta berharap Tari Telek ini bisa dilestarikan serta dikenalkan ke masyarakat luar dikarenakan tari telek ini sudah mulai ditinggalkan.

Baca Juga :  Sekda Klungkung Terima Tim Akreditasi FKTP

Ketua ST Divarya Dharma, I Kadek Roy Mahendra Suryaputra mengatakan dipilihnya makendang tunggal dan jauk manis karena tarian ini bersifat sakral. Selain itu, untuk mengenalkan kepada masyarakat mengingat dalam makendang tunggal dan tarian jauk manis ini banyak terdapat kreasi seni. “Lebih dari itu kami ingin melestarikan warisan budaya ini,” ujar Kadek Roy.

Dalam lomba ini diikuti 25 peserta yang berasal dari Seluruh Bali. Ada 4 juri yang diundang untuk menilai. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Klungkung dan pihak adat serta Desa Takmung.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here