Tujuh Skala Prioritas Dimasukkan ke dalam RKPD Kabupaten Klungkung Tahun 2020

Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Kabupaten Klungkung Tahun 2020 bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, pada Kamis (28/03/2019)

Klungkung – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Kabupaten Klungkung Tahun 2020 bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, pada Kamis (28/03/2019) pagi.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Kabupaten Klungkung sekaligus sebagai Ketua Tim Penyusun RKPD Kabupaten Klungkung I Wayan Wasta, melaporkan Tujuan dari penyelenggaraan acara ini yakni, pertama, menyepakati permasalahan pembangunan Daerah, kedua, menyepakati prioritas Pembangunan Daerah, ketiga, Program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, keempat, Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, dan kelima, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah Kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Peserta musrenbang diikuti oleh kurang lebih 100 orang terdiri dari Unsur Bupati Klungkung, dan Wakil Bupati Klungkung, unsur DPRD, Staf Ahli, Para OPD, Asisten, Lembaga Masyarakat, serta undangan terkait lainnya. Penyusunan untuk RKPD Tahun 2020 penyusunannya dimulai dari pertengahan Desember 2018.

Sambutan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra yang dibacakan Sekretaris Bappedalitbang Provinsi Bali, Ida Bagus Anom menyatakan pelaksanaan Musrenbang sangat penting, karena melalui forum ini, dapat menyelaraskan, mempertajam, mengklasifikasi dan menyepakati rancangan RKPD Pemerintah kabupaten Klungkung Tahun 2020 untuk menjamin terciptanya penguatan koordinasi antar pelaku pembangunan.

Integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antar ruang, waktu dan fungsi serta memastikan terpenuhinya standar pelayanan prima dalam document perencanaan pembangunan. Forum ini juga harus dapat menjamin terwujudnya keterkaitan dan konsistensi antar perencanaan penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan optimalisasi partisipasi masyarakat serta penggunaan sumber daya secara efektif, efisien dan berkelanjutan. Forum Musrenbang ini merupakan salah satu wadah bagi kita untuk bersama-sama melakukan pembahasan dalam rangka mencapai target Pembangunan daerah.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan walaupun Acara Musrenbang sudah dilaksanakan secara rutin setiap tahun tetapi acara musrenbang ini tidak boleh menjadi acara rutinitas, karena acara ini merupakan konsep pembangunan bottom-up, dimana konsep bottom-up ini, merupakan konsep pembangunan dengan cara mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan apa yang bisa diperbuat untuk menanganinya, bukan hanya sekedar mengetahui dan melihat apa yang ada.

Bupati Suwirta melalui program Bedah Desa yang sudah dilaksanakan menharapkan para OPD Di Kabupaten Klungkung lebih berinovatif dan dapat membuat usulan-usulan kegiatan yang berhubungan dengan skala prioritas yang akan dikerjakan, jangan hanya mengandalkan jumlah anggaran yang dimiliki oleh masing-masing OPD dilingkungan Pemkab Klungkung.

Dalam Sambutannya, Bupati Suwirta menyampaikan beberapa Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Kabupaten Klungkung Tahun 2020 yang diselaraskan dengan Pemerintah Provinsi, yakni pertama, penanggulangan Kemiskinan, terkait hal tersebut, Bupati Suwirta menugaskan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Kabupaten Klungkung agar pada tahun 2020, program bedah rumah dan rehab rumah dapat diselesaikan.

Kedua, Pembangunan Sumber Daya Manusia, Bupati Suwirta menugaskan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui program Enterpreneur Masuk Desa agar mendata masyarakat KK miskin untuk bekerja ke luar negeri, baik itu didarat maupun dikapal pesiar atau dapat bekerja di daerah perhotelan di Nusa Penida.

Ketiga, dibidang pendidikan, Bupati Suwirta menugaskan agar mendata sekolah – sekolah sesuai dengan standarnya, untuk program satu Desa satu TK Negeri agar tahun 2021 Seluruh Desa Di KAbupaten Klungkung sudah memiliki Satu TK Negeri, dan untuk beasiswa KK Miskin, Bupati Suwirta menyarankan agar beasiswa yang diberikan kepada KK Miskin sesuai kebutuhan penerima beasiswa dan didata dengan sebaik-baiknya mengenai siapa yang berhak diberikan beasiswa. Terkait Program Angkutan Siswa Gratis, Bupati Suwirta meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung untuk mengkaji angkutan Siswa Gratis agar bisa diadakan di tiga Kecamatan di Klungkung.

Kempat, pariwisata, Untuk Bidang pariwisata Bupati Suwirta meminta Kepada Dinas Pariwisata untuk mengkaji keperluan yang diperlukan untuk menangkap peluang dari program Pemkab Klungkung dan dari kemajuan pariwisata yang sedang berkembang di Nusa Penida dapat menjadi Income bagi Kabupaten Klungkung, Dan pelabuhan Segitiga Emas agar segera dianggarkan.

Kelima, Di Bidang Perekonomian dan Pertanian, agar instansi terkait dapat menangkap peluang di sektor Pariwisata dalam bidang penyediaan bahan makanan yang diperlukan. Untuk Garam Beryodium agar segera dianggarkan di Tahun 2020.

Keenam, Lingkungan Hidup, Bupati Suwirta menyampaikan kepada Sekretaris Bappedalitbang Provinsi Bali, Ida Bagus Anom agar Program TOSS Klungkung dapat digunakan di seluruh Bali sebagai cara dalam mengatasi permasalahan sampah di Bali.

Dan ketujuh, reformasi Birokrasi, Bupati Suwirta menyatakan apabila terdapat pegawai yang memenuhi syarat dan pintar, walaupun muda akan menjadi prioritas,karena pemkab Klungkung akan menggunakan system dalam hal melakukan tugas-tugas.

Untuk mewujudkan ketujuh prioritas tersebut, Bupati Suwirta mengharapkan agar adanya koordinasi yang baik antar intansi terkait dalam upaya mensejahterakan masyarakat Klungkung.

Bupati Suwirta membuka Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Kabupaten Klungkung Tahun 2020 dengan melakukan pemukulan gong sebanyak lima kali. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Klungkung I Wayan Baru serta undangan terkait lainnya. (Humas Klungkung)

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here