Trasmisi Lokal Meningkat, Bupati Minta Masyarakat Tetap Waspada dan Ikuti Protokol Kesehatan

Pelaksanaan Rapid Test dan Swab yang diadakan di Gor Swecapura gelgel pada Senin (8/6).

KLUNGKUNG, BeritaDewata – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni meninjau pelaksanaan Rapid Test dan Swab yang diadakan di Gor Swecapura gelgel pada Senin (8/6).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni menyatakan bahwa hari ini yang mengikuti Rapid Test berjumlah kurang lebih 215 orang, sedangkan yang mengikuti test SWAB berjumlah 39 orang.

“Dalam pelaksanaannya masyarakat yang mengikuti rapid Test merupakan bagian dari Keluarga jauh atau orang yang pernah melakukan interaksi kepada Pasien Positif COVID-19, sedangkan bagi masyarakat yang mengikuti Test Swab merupakan keluarga dekat atau orang yang sering melakukan interaksi dengan pasien positif COVID-19,” ujarnya.

Ni Made Adi Swapatni menambahkan apabila dalam rapid test hasilnya berupa positif, maka warga tersebut selanjutnya akan mengikuti test SWAB.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan banyaknya jumlah transmisi lokal di Kabupaten Klungkung yang mengikuti test hari ini merupakan hasil dari kinerja Satgas Gugus COVID-19 Kabupaten Klungkung dalam upaya melakukan tracing kepada masyarakat yang sempat melakukan interaksi dengan pasien positif COVID-19.

“Terkait hal tersebut, Pemkab Klungkung sudah melakukan rapid dan SWAB kepada semua masyarakat diketahui melakukan interaksi kepada pasien Positif COVID-19. Mari kita waspada, mari laksanakan protokol kesehatan dengan baik, dan ijinkan pemerintah bertindak tegas, karena apa yang kami lakukan ini adalah sebagai bentuk rasa sayang pemerintah kepada masyarakat agar pandemi COVID-19 bisa segera usai,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menyampaikan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Terkait masyarakat yang berstatus OTG yang mengikuti rapid maupun SWAB hari ini, jika hasilnya positif maka akan segera diisolasi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Bupati Suwirta mengharapkan bagi masyarakat Klungkung yang merasa dirinya melakukan kontak dengan para OTG, ODP, PDP atau pasien positif COVID-19, Agar segera menghubungi Satgas COVID-19 kabupaten Klungkung untuk segera ditindaklanjuti.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here