TPID Kota Denpasar Siap Sambut TPID Award Tahun 2021

Perwakilan Bank Indonesia, Rizki Ernadi Wimanda, Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaeman, Kabag Perekonomian Made Saryawan saat rapat koordinasi tindak lanjut hasil Rakornas Pengendalian Inflasi Nasional tahun 2021di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Rabu (22/9).

DENPASAR, BERITADEWATA – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Denpasar menggelar rapat guna koordinasi tindak lanjut hasil Rakornas Pengendalian Inflasi Nasional tahun 2021, evaluasi pelaksanaan Penilaian TPID Award tahun 2021 serta koordinasi mengenai Road to TPID Award 2022.

Pelaksanaan rapat dibuka langsung Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Denpasar, AA. Gde Risnawan yang sekaligus sebagai moderator di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Rabu (22/9).

Hadir pula dalam rapat tersebut Perwakilan Bank Indonesia, Rizki Ernadi Wimanda, Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaeman, Kabag Perekonomian Made Saryawan serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar serta instansi terkait lainnya.

Agung Risnawan menjelaskan, TPID Award merupakan penghargaan atas kinerja terbaik TPID dalam pengendalian inflasi daerah. Beberapa indikator penilaian meliputi aspek proses 20%, output 30%, outcome 50%. Aspek proses mencerminkan langkah atau upaya bersama dalam pengendalian inflasi daerah yang terdiri dari koordinasi (5%), kebijakan (10%) dan akuntabilitas (5%).

“Aspek output merupakan pelaksanaan program ungggulan dalam rangka pengendalian inflasi yang mencerminkan 4K yaitu Keterjangkauan harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancara Distribusi dan Komunikasi Efektif serta aspek outcome mencerminkan hasil dari upaya daerah dalam melakukan koordinasi pengendalian inflasi,” ujarnya

Dikatakanya, yang menjadi penilaian dalam TPID Award yaitu menyangkut aspek proses, aspek keluaran dan aspek hasil. Rapat koordinasi hari ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja TPID dan mendorong TPID baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota khususnya Kota Denpasar untuk ikut serta dalam penilaian TPID Award tahun 2022.

“Tujuan TPID Award adalah untuk memotivasi dan memberikan apresiasi kepada daerah yang berhasil dalam mengendalikan inflasi namun juga untuk daerah lain supaya terpacu meraih prestasi yang sama,” jelasnya

“Usai rapat ini, kami merencanakan untuk membentuk tim kecil untuk mengisi persyaratan termasuk analisis program unggulan yang akan diajukan dan kelengkapan dokumen-dokumen penting yang harus diisi untuk mengikuti TPID Award tahun 2022,” imbuh Risnawan.

Sementara Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaeman memaparkan situasi inflasi Kota Denpasar dimana Kota Denpasar pada bulan Agustus tercatat mengalami inflasi bulanan sebesar 0,11 persen akibat kenaikan berbagai komoditas barang maupun jasa konsumsi.

“Badan Pusat Statistik (BPS) Bali mencatat inflasi Denpasar pada Agustus 2021 disumbang masing-masing oleh kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,0392 persen, kelompok kesehatan, dan kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya,” jelasnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here