TMMD Klungkung Ditinjau Langsung Mabes AD

TMMD Klungkung Ditinjau Langsung Mabes AD

Klungkung – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung di Desa Besan Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung Bali, Kamis (20/7).

Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati Klungkung dan FKPD, Ide Dalem Semaraputra, perbekel dan tokoh masyarakat Desa Besan Klungkung. Sementara dari Mabes AD terdiri dari Ketua Tim Wasev Mabesad Perwira Tinggi Staf khusus Kasad Brigjen TNI Kasim Suharna Sip. MA didampingi Brigjen TNI Suhadi dari Kemhan dan Staf Kolonel Cba. Isdiyanto dan Letkol Feksy Dimunry Angi.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Kasim Suharna mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Ide Dalem Semaraputra yang sudah menyempatkan hadir bersama tim ke lokasi TMMD ke-99 Klungkung. Tujuan kedatangan Tim Wasev untuk mengetahui sejauh mana kegiatan TMMD dan kendala yang dihadapi, untuk mencarikan solusi agar TMMD berjalan lancar.

“Tim Wasev Mabes AD memilih Kabupaten Klungkung dikunjungi karana TMMD Klungkung membuka jalan yang mempunyai nilai potensi sosial budaya yang sangat tinggi. Lebih-lebih jalan ini akan menghubungkan dua kabupaten. TMMD tugas pokok TNI bekerjasama dengan masyarakat harus dilaksanakaan bersama masyarakat. Sasaran fisik penting untuk membangun infrastruktur tapi tidak kalah penting dengan kegiatan non fisik karena memiliki nilai kejuangan dan ketahanan nasional,” ujarnya.

Ia berharap agar prajurit dalam melaksanakan tugas dengan iklas bekerja bergotong royong membantu masyarakat. Ditekankan kepada anggota Satgas agar menjaga hubungan baik dengan masyarakat yang sudah terjalin selama ini.

“Jangan ada prajurit Satgas yang melanggar, jaga sikap sebagai prajurit, pegang teguh sumpah prajurit, 8 wajib TNI dan Sapta Marga. Agar anggota Satgas TMMD yang tinggal di rumah penduduk dan membaur dengan masyarakat bisa membawa diri dengan baik dan bisa memberikan contoh dan teladan yang baik di masyarakat. Kebaikan harus dipertahankan dan kebersamaan dipelihara. Jangan membebani masyarakat. Mudah-mudahan mendapat berkat dari Ide Sahyang Widi Wasa,” imbuhnya.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dalam sambutanya memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI yang telah melaksanakan TMMD di Desa Besan Kecamatan Dawan Klungkung. “Dengan adanya TMMD ini semangat gotong royong bisa dibangkitkan lagi sehingga bisa mempercepat pembangunan fisik dan non fisik yang dikomandoi oleh Dandim 1610/Klungkung Letkol Kav Jacob Janes Patty,” katanya. Kedepan agar program TMMD bisa dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mempercepat pembanguan fisik dan non fisik di pedesaan.

Dandim 1610/Klungkung Letkol Kav Jacob Janes dalam laporannya memaparkan tentang kegiatan TMMD mulai dari tahap perencanaan, penyiapan sampai pelaksanaannya dan kegiatan. Sebelumnya sudah dilaksnakan Pra TMMD. Pelaksanaan sampai saat ini bisa berjalan lancar.

Peninjauan sasaran fisik jalan menuju Pura Puncak Sari. Dalam peninjauan itu, Ketua Tim berdialog langsung dengan masyarakat. Banyak warga yang menjelaskan jika mereka sangat senang dengan dibukanya pembangunan jalan ini. “Kami masyarakat tidak lagi sulit menuju pura sekarang karena sudah bisa dilalui kendaran,” ujar seorang warga.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here