Tetap Kembangkan Kreatifitas Selama Covid-19, Desa Padangsambian Kaja Produksi VCO

Ki-Ka : Perbekel Padangsambian Kaja, I Made Gede Wijaya, S.Pt., M.Si dan Sekdes Desa Padangsambian Kaja, Ngurah Ketut Hariadi

DENPASAR, BeritaDewata – Dalam suasana Pandemi COVID-19 dengan keterbatasan gerak serta kesibukan dalam menjadi bagian Satuan Tugas Sukarelawan Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19, Perangkat dan Staf Desa Padangsambian Kaja tidak tinggal diam dan tetap mengembangkan kreatifitas dalam melakukan riset dan pengembangan produk lokal desa.

Tetap Kembangkan Kreatifitas Selama Covid-19, Desa Padangsambian Kaja Produksi VCO

“Salah satunya adalah dengan memproduksi Virgin Coconut Oil (VCO) yaitu minyak kelapa dara yang diproses secara alami dengan teknik ekstraksi cold pressed tanpa melalui proses pemanasan baik dengan api kompor maupun dengan matahari. Bahan bakunya adalah 100 persen kelapa yang dibeli dari petani kelapa di Bali, diproses secara alami tanpa ada penambahan zat kimia apapun,” ujar Sekretaris Desa Padangsambian Kaja, Ngurah Ketut Hariadi, Jumat (3/07) di Denpasar.

Hariadi menjelaskan produk VCO Desa Padangsambian Kaja ini diberi branding “Tambhuwana” yang berarti produk alami dari alam yang menyehatkan, dikemas sedemikian rupa sehingga memiliki nilai jual yang cukup baik. “Design branding dan pengemasan juga dilakukan oleh Perangkat dan Staf Desa Padangsambian Kaja serta untuk pemasaran dipercayakan kepada BUM Desa Bhuwana Sari Jaya sebagai Badan Usaha Milik Desa Padangsambian Kaja,” jelasnya.

“Respon masyarakat sangat baik terhadap produk ini dan beberapa telah membuktikan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Produk ini juga rencananya akan dipasarkan secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan, VCO dikenal memiliki banyak kandungan alami untuk tubuh dan ramah tanpa efek samping ketika pemakaian. VCO juga dipercaya memiliki kandungan medium-chain triglycerides (MCT) yang dipercaya dapat memicu “kolesterol baik” sehingga baik untuk jantung kita. Belakangan beredar informasi bahwa Kemenristek tengah meneliti manfaat VCO untuk membantu penyembuhan atau pengobatan pasien COVID-19.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here