SMAN 1 Dawan Wakili Kungkung Ikut Lomba Perpus Tingkat Provinsi

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendampingi Ketua tim penilai lomba Ida Bagus Yudi  Dananjaya

BeritaDewata.com, Klungkung – MAN 1 Dawan  yang dipercaya mewakili Kabupaten  Klungkung dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Propinsi Bali. Tim Penilai Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Propinsi , melakukan penilaian terhadap perpustakaan SMAN1 Dawan Klungkung Jumat (12/3) bertempat di Aula Santi Kumara SMAN 1 Dawan.

Menurut laporan Kepala Sekolah SMAN 1 Dawan IMade Mahendra menyampaikan dipilihnya SMA Negeri 1 Dawan untuk mengikuti lomba ini karena Sekolah ini  dinilai telah memiliki sarana prasarana pendukung serta ditunjang dengan 3 orang tenaga pustakawan yang memadai. Sehingga dianggap telah mampu mengelola perpustakaan di Sekolah ini  sebagai salah satu tempat membaca bagi para siswa. “Program unggulannya adalah membiasakan membaca keperpustakaan 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai.” Jelasnya.

Baca Juga :  Koster akan Menyusun Aturan Sendiri dalam PPDB agar tidak Menimbulkan Kekisruhan

Lebih lanjut dikatakan  untuk menghadapi lomba ini tidak melakukan persiapan secara khusus. “Kami telah berkomitmen Perpustakaan sekolah ini dikembangkan bukan hanya sebatas ketika mengikuti kegiatan lomba saja. Akan tetapi ini merupakan suatu kebutuhan semua siswa, sesuai visi yang diemban melalui lomba Perpustakaan kita tingkatkan minat Listerasi untuk mewujudkan generasi yang cerdas, santun dan Inovatif.” ungkap Made Mahendra.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutanyan menyampaikan didalam penilaian lomba perpustakaan ini, bukan dipersiapkan  hanya untuk lomba namun diharapkan mampu berkembang dan mempunyai peran yang sangat penting dan bermanfaat, disamping sebagai penunjang dalam  penurunan angka kemiskinan juga mampu mencegah buta aksara dan menjadikan anak didik kita menjadi cerdas.

Baca Juga :  Mendikbud: Guru yang tidak Belajar Teknologi Siap Dilibas Muridnya

Keberhasilan perpustakaan tentunya dilengkapi Ruang perpustakaan harus ada Ruang baca yang bersih dan nyaman, banyak koleksi buku, mutasi buku Perpustakaan, petugas jaga yang sopan santun dan pengelola perpustakaan harus  mampu menarik perhatian pembaca,” Semakin kita tidak pernah membaca akan menjadi semakin buta/tidak tahu perkembangan.” terang Bupati Suwirta.

Putu Landriwati selaku kepala perpustakaan SMAN 1 Dawan mengungkapkan, selaku pustakawan dirinya merasa bangga karena perpustakaan sekolah SMAN 1 Dawan dipercaya mewakili Klungkung ke tingkat Provinsi Bali.

“Banyak pembenahan dan persiapan yang sudah dilakukan dalam menghadapi lomba ini seperti banyaknya kolesi buku bacaan dan jumlah buku yang tersedia disini. Disamping juga siswa bisa menggali ilmu melalui perpustakaan sebagai sumber ilmu selain belajar di kelas, dapat menambah wawasan, apalagi jumlah koleksi bukunya mencapai ribuan judul.” Terangnya.

Baca Juga :  Prof. Yasna Singh Rancang Museum Etnografi

Sementara Ketua tim penilai lomba Ida Bagus Yudi  Dananjaya. menyatakan salut terhadap persiapan yang dilakukan SMAN 1 Dawan dalam penilaian ini. Menurutnya, dalam  kriteria penilaian perpustakaan sekolah tingkat Propinsi Bali dilihat dari beberapa aspek, diantaranya ketersediaan ruangan/gedung perpustakaan, tenaga pustakawan, koleksi buku, aspek anggaran serta jangkauan layanan.

“Sejauh mana korelasi antara minat baca  anak dengan bahan pustaka sebagai modal dasar untuk membantu dalam pengembangan wawasan dan pengetahuan siswa siswinya di sekolah ini.” Pungkasnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here