Satpol PP Harus Humanis dan Berpenampilan Rapi

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ketika membuka Pelatihan On Job Trainning Pariwisata kepada puluhan anggota SatpoPP dan Pemadam Kebakaran, Senin (31/7/2017).

Klungkung – Satuan Polisi Pamong Praja (SatPolPP) yang merupakan bagian dari perangkat daerah di bidang penegakan Perda, ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, hendaknya dibekali dengan kemampuan dalam melakukan tindakan penertiban nonyustisial terhadap warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang melakukan pelanggaran atas Perda dan/atau peraturan kepala daerah.

Namun selain itu, seorang anggota SatpolPP juga harus memiliki penampilan yang humanis, rapi serta memiliki kecakapan dalam berdialog dengan masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ketika membuka Pelatihan On Job Trainning Pariwisata kepada puluhan anggota SatpoPP dan Pemadam Kebakaran, Senin (31/7/2017).

“Tidak diperlukan penampilan yang sangar, bertubuh besar dan kekar dalam menegakkan Perda, jadinya malah akan terjadi ketegangan dan menimbulkan luka dan kebencian pada perasaan masyarakat, saat ini yang paling utama adalah senyum,penampilan rapi dan bersih serta kemampuan bicaralah yang paling utama,” ujar Bupati Suwirta di Ruang Rapat KNPI.

Baca Juga :  Muscab HNSI Klungkung 2019, Diharapkan Melahirkan Kepengurusan yang lebih Produktif

Ditambahkan pula, semua Perda yang dibuat berdasarkan implementasi terhadap apa yang terjadi di lapangan. Seorang anggota SatPoPP harus memahami hal itu, sehingga dilapangan tidak terjadi kebingungan dalam melakukan penegakan. Terkait pelatian bidang pariwisata untuk menyambut program Desa Wisata dan City Tour, Bupati Suwirta mendorong para anggota menguasai dasar dasar berbicara bahasa Inggris, selain tetap melakukan pengawasan terhadap pembangunan penunjang pariwisata seperti hotel dan restaurant.

Sementara itu Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran I Putu Suarta mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi SDM dari SatpolPP dan Damkar Kabupaten Klungkung, utamanya dalam menyambut Program Desa Wisata dan City Tour. Kegiatan akan dilaksanakan selama 1 minggu dengan diikuti oleh 50 peserta.

Baca Juga :  Ny Putri Koster Ajak Semua Warga Ikut Vaksinasi Covid-19

Nara sumber berasal dari Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Bagian Hukum dan HAM Kabupaten Klungkung, ASITA Bali,Kodim dan Polres Klungkung. Ditambahkan kedepannya akan dilaksanakan kegiatan pelatihan secara rutin.

Dalam pembukaan pelatihan tersebut turut hadir Wakil Bupati Klungkung Made Kastadan sejumlah KPD terkait.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here