Rakor APKASI-Bali Jadikan Jembatan Kerjasama antar Daerah

Rapat koordinasi Koordinator Wilayah (Korwil) Bali, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang berlangsung di Wyndam Tamansari Jivva Resort, Klungkung, Bali, Senin (30/5).

KLUNGKUNG, BERITADEWATA – Suasana hangat dan penuh kekeluargaan mewarnai jalannya rapat koordinasi Koordinator Wilayah (Korwil) Bali, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang berlangsung di Wyndam Tamansari Jivva Resort, Klungkung, Bali, Senin (30/5).

Rakor dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Umum Apkasi, Mochamad Nur Arifin, Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra, Bupati/ Walikota se-Bali dan undangan terkait lainya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga sebagai Kordinator APKASI Wilayah Bali mengatakan keberadaan dari Apkasi ini berperan lebih aktif sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dengan segala potensi-potensi yang dimiliki dimasing-masing daerah bisa dikembangkan untuk bisa mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga :  Update Penanganan Covid-19 Provisi Bali, Hari ini Pasien Positif Bertambah 31 Orang

“Di Bali ini banyak sekali potensi-potensi disetiap kabupaten, kiranya Apkasi sebagai jembatan melakukan kordinasi komunikasi kerjasama antar daerah,” ujar Bupati Suwirta

Bupati Suwirta juga berharap APKASI dapat lebih optimal dalam menjalan fungsi sebagai mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah. Selain itu APKASI sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat, Memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerinitah daerah serta mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global.

Wakil Ketua Umum Apkasi, Mochamad Nur Arifin

“Apkasi yang bermitra dengan pemerintah pusat dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah,” harap Bupati Suwirta

Baca Juga :  Peduli Pejuang Veteran, PMI Klungkung Bagi Sembako dan Tali Kasih

Wakil Ketua Umum Apkasi, Mochamad Nur Arifin, menjelaskan Apkasi ini membahas segala bentuk isu strategis lainnya. Sehingga dapat disampaikan atau di bahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada bukan Juni 2022 mendatang di Kabupaten Bogor. “Yang paling penting kita bahas dalam hal ini pemulihan ekonomi pasca pandemi, ” ucap Mochamad Nur Arifin yang juga sebagai Bupati Trenggalek.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here