Pura Dalem Setra Batununggul Nusa Penida Ludes  Terbakar

Kebakaran menimpa pura Dalem Setra Banjar Sampalan, Desa Batununggul, Kecamaan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (22/7) siang

KLUNGKUNG, BeritaDewata – Kebakaran menimpa pura Dalem Setra Banjar Sampalan, Desa Batununggul, Kecamaan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (22/7) siang sekitar pukul 11.20 wita. 

Kebakaran menimpa pura Dalem Setra Banjar Sampalan, Desa Batununggul, Kecamaan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (22/7) siang

Api dengan cepat menyebar kebangunan-bangunan pelinggih pura akibat kencangnya angin dan bangunan terbuat dari ijuk yang sangat mudah dilalap api terlebih juga sedang terjadi angin kencang.

Adapun pelinggih yang terbakar ; 7 buah Pelinggih, 1 bale sor dan 1 bale piyasan.  “Saat ini masih proses pemadaman api dilokasi, dan penyebab masih lidik,” kata Kasubag Humas Polres Klungkung, AKP Putu Gede Ardana, Rabu (22/7).

Kebakaran awalnya diketahui dua orang saksi, I Dewa Ketut Sudana (65) dan I Dewa Udiana dimana diketahui kedua saksi melihat kepulan asap di sebelah timur Pura Dalem Setra Batununggul, setelah di cek  melihat api besar membakar rumput di ladang milik Dewa Keta yang berbatasan langsung dengan Pura Dalem Setra Batununggul, melihat api cukup besar dan angin sangat kencang, Dewa Ketut Sudana, menyuruh salah satu warga untuk membunyikan ketongan ( Kulkul) dan memanggil pemadam kebakaran, karena  angin bertiup kencang mengakibatkan banyak percikan api yang beterbangan dan membakar salah satu atap pelinggih  dan Bale Sor yang terbuat dari ijuk.

Pemadam kebakaran yang datang kelokasi, karena angin kencang api akhirnya merembet ke semua pelinggih yang ada di Pura Dalem Setra. “Adapun kerugian akibat peristiwa kebakaran tsb kurang lebih 2 Miliar,” tandasnya.

Dalam proses pemadaman ini selain dibnantu warga dan satu mobil pemadam kebakaran juga dibantu pihak kepolisian. “Kita bantu pemadaman api  tersebut dengan alat pemadam kebakaran yang ada di mobil dinas. Selain itu, memukul api menggunakan ranting pohon agar tidak menyebar,” jelasnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here