Profesor Dewa Ngurah Suprapta Raih Penganugerahan Bintang Jasa Jepang untuk Musim Semi Tahun 2024

Prof. Dr. Dewa Ngurah Suprapta

DENPASAR, BERITADEWATA – Seorang putra dari Pulau Dewata Bali yakni Prof. Dewa Ngurah Suprapta mendapatkan penganugerahan dari Pemerintah Jepang. Pada tanggal 29 April 2024, Pemerintah Jepang mengumumkan Penganugerahan Bintang Jasa untuk Musim Semi Tahun 2024 kepada warga negara asing.

Salah satu penerima penghargaan tersebut berasal dari Bali yaitu Prof. Dewa Ngurah Suprapta, seorang akademisi terkemuka yang saat ini menjabat sebagai Kepala Laboratorium Biopestisida Universitas Udayana.

Upacara Penganugerahan Bintang Jasa Jepang untuk Musim Semi Tahun 2024 kepada Prof. Dewa Ngurah Suprapta diselenggarakan di Kediaman Resmi Konsul-Jenderal Jepang di Denpasar. Berikut ini biodata lengkap Dewa Ngurah Suprapta.

Penerima Bintang Jasa
Nama : Prof. Dr. Dewa Ngurah Suprapta
Bintang tanda jasa : The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon
Jasa utama : Memberikan kontribusi dalam promosi pertukaran akademik dan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia di bidang patologi tanaman.

Prof. Dewa Ngurah Suprapta adalah Guru Besar Universitas Udayana lulusan Universitas Kagoshima, Jepang, tahun 1997 yang mendalami ilmu pertanian, khususnya fitopatologi tumbuhan.

Setelah menerima gelar Ph.D di bidang pertanian dari Jepang dan kembali ke Indonesia, beliau mendirikan laboratorium bergaya Jepang di Universitas Udayana dengan melakukan penelitian dan mengajar di bidang perlindungan tumbuhan.

Prof. Dewa menerbitkan karya tulis akademis yang berkualitas dan telah meraih prestasi yang menjadi teladan bagi mahasiswa dan staf pengajar muda yang ingin belajar di Jepang dengan mempromosikan hasil-hasil studinya di Jepang kepada komunitas akademis Indonesia.

Prof. Dewa berperan aktif melakukan pertukaran akademik dan penelitian di bidang pertanian dengan beberapa universitas di Jepang, sehingga memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempromosikan kerja sama antara Jepang dan Indonesia di bidang akademik.

Selain itu, saat menjabat sebagai Ketua Persada (Perhimpunan Alumni dari Jepang) Bali pada tahun 2003-2007 dan sebagai Penasihat sejak tahun 2007, beliau melakukan upaya besar dalam mengelola dan membangun Persada Bali.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here