POSSI Badung Bertekad Pertahankan Kejayaan Cabor Selam

BADUNG – Pengurus Kabupaten Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Badung periode 2019-2022 dilantik oleh Ketua Umum Pengprov POSSI Bali, di Denpasar (27/1).

Cabang olahraga selam di Kabupaten Badung sedang menggeliat, dimana berbagai prestasi telah berhasil ditorehkan oleh dalam berbagai ajang kejuaraan, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Hal ini tidak terlepas dari upaya dan kerja keras Pengurus Kabupaten (pengkab) POSSI Badung, yang terus melakukan pembinaan dan pengkaderan atlet potensial.

Sebut saja pada kejuaraan daerah Kelompok Umur yang diselenggarakan di Kabupaten Buleleng tahun lalu, kabupaten badung berhasil menjadi juara umum, dengan rekapitulasi perolehan medali, 16 emas, 11 perak dan 7 perunggu.

Selain itu, pada Kejuaraan nasional finswimming Gubernur Jatim Cup 2018 lalu, Kabupaten Badung yang hanya mengirim 22 atlet, mampu meraih peringkat 2 umum mengalahkan Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang mengirim perwakilannya, yang mengirim lebih banyak atlet.
Ini menjadi indikator kualitas prestasi cabor selam Kabupaten Badung tidak perlu diragukan lagi.

Ketua Pengkab POSSI Kabupaten badung, Anak Agung Ngurah Gede Widarma, usai pelantikan Pengkab POSSI Badung periode 2019-2022 mengatakan, usia POSSI Badung masih tergolong muda, yang terbentuk tahun 2014 lalu. Meski demikian, perkembangan sangat pesat.

“Pengkab POSSI Badung berkomitmen untuk mengembangkan dan memasyarakatkan cabor selam di Badung, yang tidak hanya menyasar pada peningkatan prestasi semata, tetapi juga mendukung kegiatan Sport Tourism,” ujarnya.

Widarma optimis hal ini dapat terwujud, Ia menegaskan, Kabupaten badung merupakan pusat pariwisata di Bali, dan menjadi barometer pariwisata Indonesia, sehingga kehadiran POSSI Badung dan program-program unggulannya diharapkan dapat berdampak terhadap lahirnya destinasi baru di bidang olehraga.

Senada dengan itu, wakil ketua Pengkab POSSI Badung, Ida bagus Gede Widnyana mengatakan, salah satu prioritas POSSI Badung saat ini adalah membentuk klub-klub selam di Badung, yang akan memberikan pelatihan intensif bagi atlet sekaligus mencari bibit-bibit baru potensial.

“Saat ini, POSSI Badung tengah melakukan pendataan atlet Badung, sebagai upaya pemetaan kekuatan dalam menghadapi eksibisi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun ini di kabupaten Tabanan,” terangnya.

Hal ini juga menurut Dia, sebagai langkah awal untuk mempersiapkan atlet Badung yang nantinya lolos mewakili Provinsi bali pada Pekan Olahraga Nasional tahun 2020 di Papua.

Memang diakuinya, POSSI Badung masih terkendala sarana dan prasarana latihan atlet. Untuk itu sangat diharapkan dukungan dari pemerintah dan pihak terkait, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi atlet selam Badung.

Sementara itu, Ketua tim pelatih POSSI Kabupaten Badung, I Made Budiyasa mengatakan, penyiapan atlet dalam menghadapi berbagai event skala provinsi dan nasional telah dilakukan, termasuk melatih fisik dalam menggunakan peralatan selam.

“Salah satu peralatan yang mendukung kecepatan atlet dalam melakukan olahraga selam adalah fin atau kaki katak, mencakup bifin dan monofin. Sehingga kekuatan kaki atlet harus terus dilatih secara rutin,” terangnya.

Meski baru dilantik, kepengurusan POSSI kabupaten badung memiliki komitmen dan semangat yang tinggi dalam pengembangan cabor selam di Kabupaten badung, dengan harapan, atlet-atlet badung dapat mengharumkan nama kabupaten badung dalam setiap ajang kejuaraan.

Hal tersebut diungkapkan pengurus POSSI Kabupaten badung yang usai dilantik, langsung berpartisipasi dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah POSSI Provinsi Bali.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here