Porsenijar Badung 2023, Pemkab Badung Komit Bangun Olahraga dan Seni

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa saat membuka secara resmi Porsenijar Kabupaten Badung tahun 2023 di Lapangan Puspem Badung, Senin (6/3).

BADUNG, BERITADEWATA – Bupati Badung diwakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kabupaten Badung tahun 2023 di Lapangan Puspem Badung, Senin (6/3).

Porsenijar tahun ini mengangkat tema “Melalui Porsenijar Badung 2023, kita wujudkan Badung Tangguh Berprestasi “Bagasena Abinawa”. Pembukaan Porsenijar dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Badung I Made Suwardana, Forkopimda Badung, Pimpinan Perangkat Daerah, Koni Badung, Organisasi Kewanitaan serta para pelajar SD, SMP dan SMA/SMK.

Sekda Adi Arnawa menekankan, bahwa pola pembinaan, tersedianya sarana prasarana serta komitmen bersama dalam pembangunan olahraga dan seni, akan mampu melahirkan atlet dan artis yang berprestasi. Dalam hal ini, Pemkab Badung bersama DPRD serta masyarakat Badung akan terus konsen menyediakan sarana dan prasarana olahraga serta pembinaan di bidang olahraga dan seni.

Baca Juga :  Dispar Bali ajak semua Industri Pariwisata Berpartisipasi Dalam Pernerapan Program Kontribusi Wisatawan

Dijelaskan, satu hal yang perlu dipahami para peserta bahwa porsenijar ini adalah proses pembelajaran untuk mengetahui dan mengukur penguasaan teknik, taktik, strategi maupun stamina, dengan harapan nanti akan terpilih atlet dan artis potensial yang mampu membawa nama baik daerah pada event olahraga dan seni di tingkat yang lebih tinggi.

“Penyelenggaraan porsenijar dapat bermanfaat dalam upaya mengembangkan pembinaan olahraga dan seni di badung. Bagi para atlet dan artis agar mentaati segala peraturan/keputusan yang telah ditetapkan dan disepakati bersama dengan mengedepankan sikap sportivitas dan filosofi menyama braya. Sementara panitia dan semua yang terlibat dalam pelaksanaan porsenijar ini hendaklah tetap memegang komitmen untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan porsenijar di Badung,” tegasnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Klungkung Bangkitan Comunitas Pencinta Tembang Kenangan

Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Badung I Gusti Made Dwipayana menjelaskan, Porsenijar merupakan upaya nyata untuk menumbuhkan, meningkatkan dan memberdayakan kesiapan para pelajar sekaligus untuk mengevaluasi serta mengukur hasil pembinaan, penguasaan teknik, taktik dan strategi masing-masing sekolah terhadap bidang olahraga maupun seni.

“Tujuan Porsenijar guna mendorong, memberdayakan olahraga dan seni sebagai bagian penting serta strategis bagi pencapaian prestasi dan meningkatkan kesadaran para siswa akan arti penting olahraga dan seni, yakni memberi kontribusi positif bagi bekal hidupnya dan pembangunan dibidang pendidikan,” jelasnya.

Melalui porsenijar ini juga akan dievaluasi dengan cermat dan teliti bagi para atlet dan artis pelajar untuk diterjunkan pada event Porsenijar Provinsi Bali yang rencananya digelar 25-30 Juni 2023 di Denpasar. Porsenijar Badung mempertandingkan 31 cabang olahraga dan 18 bidang seni yang dilombakan. Porsenijar berlangsung dari tanggal 6 hingga 12 Maret 2023 yang diikuti SD di semua Kecamatan, SMP dan SMA/SMK di Badung.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here