Pj Ketua Dekranasda Provinsi Bali Sambangi Pengrajin Bambu Khas Bangli

Penjabat (Pj.) Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya, meninjau langsung usaha kerajinan warga di Kabupaten Bangli

BANGLI, BERITADEWATA – Penjabat (Pj.) Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya, meninjau langsung usaha kerajinan warga di Kabupaten Bangli untuk membuat kerajinan anyaman khususnya yang berbahan bambu.

Hal tersebut dilaksanakan pada Jumat (1/12) siang saat Ny Ida Mahendra Jaya menyambangi salah satu tempat usaha kerajinan bambu Bamboo Collection di Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli.

Pj. Ketua Dekranasda Bali pun memberikan apresiasi saat melihat para pengrajin yang sebagian besar kaum ibu, membuat aneka kerajinan seperti membuat keben, dulang, bokor, gandeng dan lainnya. Dirinya pun berpesan agar kualitas produk bisa terus terjaga serta tidak lupa untuk memperkaya desain atau motif sesuai dengan perkembangan.

UMKM pimpinan I Wayan Suardana ini menggunakan bambu tali dalam proses pembuatan berbagai perangkat keperluan upacara untuk umat Hindu tersebut.

Suardana dalam kesempatan tersebut menjelaskan pula untuk motif selalu berubah sesuai dengan trend yang berkembang di Pulau Dewata. “Terkecuali pada motif klasik yang tidak pernah kehilangan peminat,” katanya. “Selain itu banyak juga yang dipesan khusus, seperti penulisan nama pada keben,” jelasnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua GOW Bangli Suciati Diar, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here