Peringati HUT TNI ke 75, PMI Provinsi Bali Gelar Donor Darah

Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara saat mendonorkan darahnya

DENPASAR, BeritaDewata – Kadiv. Kelembagaan PMI Provinsi Bali, Taufan Kristanto menerangkan Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi yang mendapatkan mandat dalam pelaksanaan Pelayanan Donor Darah, telah mengupayakan berbagai hal dalam pemenuhan kebutuhan darah.

Sesuai dengan tugas yang diemban melalui Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Bali yang merupakan unit pelaksana teknis dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang bertugas menyediakan darah yang aman dan berkualitas. Aman dari stok darah yang diperlukan dan seluruh produk darah yang dibuat benar berkualitas sesuai standar.

“Menurunnya stock darah di UTD PMI Provinsi Bali karena berkurangnya jumlah pendonor sukarela sebagai dampak dari terjadinya Pandemi COVID – 19 menyebabkan UTD PMI Provinsi Bali tidak mampu mendropping produk darah sesuai permintaan, sedangkan permintaan dari rumah sakit, bank darah rumah sakit ataupun dari UTD PMI Kabupaten/Kota tidak mengalami peningkatan yang signifikan,” ujarnya.

Taufan menjelaskan Berbagai upaya pun telah dilakukan seperti mengajukan permohonan donor darah kepada TNI dan POLRI, Instansi Pemerintah dan swasta sampai dengan membuka gerai donor di Markas PMI Provinsi Bali Jl. Imam Bonjol  No. 182 Denpasar yang dimulai sejak bulan Maret 2020 dengan rata-rata perolehan 10-25 pendonor per-hari sampai dengan himbauan mengajak keluarga karyawan PMI untuk berdonor dan meminta donor keluarga pasien atau Donor Pengganti (DP).

“Seperti yang dilaksanakan pada hari ini (22/09/2020) dilaksanakan kegiatan Donor Darah dalam rangka Peringatan HUT ke 75 TNI tahun 2020 bertempat di Aula Kesehatan Komando Daerah Militer (KesdamIX/Udayana, Jl. PB Sudirman – Denpasar. Pelaksanaan kegiatan tetap menggunakan protokol kesehatan seperti pendaftaran melalui online, menyiapkan tempat mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, jarak tempat duduk diatur sesuai aturan, pemakaian APD standar bagi para petugas, serta tidak lupa untuk selalu menggunakan masker,” jelasnya.

Pangdam IX/Udayana dalam Sambutannya menyampaikan bahwa “Donor Darah selain bermanfaat untuk membantu mereka yang membutuhkan, juga baik bagi kesehatan si pendonor itu sendiri”. “Selain itu, donor darah membuat awet muda untuk itu jangan takut donor darah” imbuhnya seperti yang disampaikan dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan donor darah secara resmi. Sedangkan Kepala UTD PMI Provinsi Bali mewakili Ketua PMI Provinsi Bali menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan, karena memang ketersediaan darah pada masa pandemi mengalami penurunan.

Kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan pastinya sangat membantu ketersediaan darah di PMI, dan sesuai dengan tema pelaksanakan kegiatan bahwa “Darahku Mengalir Untuk Negeri” pada Peringatan HUT ke 75 TNI Tahun 2020, tentu donasi darah yang terkumpul akan di olah untuk kemudian di distribusikan kepada para pasien yang membutuhan darah, sehingga mereka dapat sembuh dan kembali beraktifitas mengisi  aktifitas pada Negeri tercinta Indonesia.

Kegiatan Donor Darah dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana Bapak Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara Bersama jajaran, Pengurus PMI Provinsi Bali, IGM Wisnu Mataram, Kepala UTD PMI Provinsi Bali dr. I Gede Wiryana Patra Jaya, M.Kes. Dalam kesempatan ini, Pangdam IX/Udayana juga berkesempatan mendonorkan darahnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here