Pengerjaan Venue GBK Selesai Akhir Desember

Menteri PU dan Perumahan Rakyat Mochamad Basoeki Hadimoeljono

Denpasar – Menteri PU dan Perumahan Rakyat Mochamad Basoeki Hadimoeljono saat ditemui di Denpasar, Jumat (22/12) menjelaskan, sudah ada pertemuan dengan seluruh pengurus besar cabang olah raga yang akan dipertandinkan dalam Asian Games bahwa kawasan GBK mulai dari stadian utama, stadion madya, Istora, kolam renang, panahan, Hoki, sepakbola dan sebagainya sudah selesai dibangun. Finishingnya mulai dari mushola, toilet, juga akan rampung di akhir Desember ini.

“Bahkan, PSSI sudah meminta agar GBK digunakan untuk menggunakan melawan Timnas melawan Islandia pada 14 Januari mendatang. Rencananya, pada tanggal tersebut akan digunakan kesempatan untuk meresmikan dan membuka GBK yang baru dikerjakan oleh Presiden Jokowi,” ujarnya.

Untuk kampung atlit di Kemayoran juga sudah 99 persen. Dan diyakini akan selesai pada akhir Desember mendatang. Ada beberapa venue yang dikerjakan bercorak budaya. Di Istora misalnya, sekarang dikerjakan kembali sesuai dengan desain awalnya. Venue tersebut merupakan heritage budaya.

“Semuanya sudah selesai pada 31 Desember ini,” ujarnya. Semuanya akan selesai pada waktunya dan bisa digunakan dalam Asian Game. Tinggal mengganti lightingnya, lif-nya, dan jalur evakuasi cepatnya, dan semua terjaga dengan ketat untuk menjaga cagar budayanya. “Makanya saya mengajak Ikatan Arsitek Indonesia menjaga cagar budayanya,” ujarnya. Tantangan terberat di heritage karena kita harus tetap menjaga cagar budaya.

Total biaya mulai dari GBK, Kemayoran, Stadion Jakabaring mencapai Rp 6,3 triliun. Semuanya dikerjakan oleh arsitek Indonesia. Ia mengaku, Wakil Presiden JK mendesak agar Indonesia fokus memperhatikan stadion olah raga, pusat pelatihan, penginapan dan sebagainya.

“Saya pernah diajak Pak JK untuk melihat pusat pelatihan Timnas Bulutangkis Indonesia yang tinggal di hotel melatih dengan perlengkapan seadanya. Padahal mereka dituntut untuk membawa Indonesia menjadi juara dunia,” ujarnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here