Pengamanan Raja Salman Diperpanjang

Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja

Beritadewata.com, Denpasar – Jadwal liburan Raja Salman diperpanjang hingga tanggal 12 Maret 2017. Kabid Humas Polda Bali AKBP Hengky Widjaja menjelaskan, pihak Polda Bali sudah menerima secara resmi informasi bahwa Salman sudah memperpanjang masa liburan di Bali. Jadwal semula hanya sampa pada tanggal 9 Maret, akhirnya diperpanjang hingga tanggal 12 Maret dan baru akan cek out tanggal 13 Maret dari Nusa Dua Bali.

“Kita baru menerima konfirmasi resmi dari Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, bahwa liburan Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud diperpanjang hingga tanggal 12 Maret 2017,” ujarnya di Denpasar, Selasa (7/3).

Konfirmasi itu merujuk Nota Kedubes Nomor 211/645 tertanggal 11 Januari 2017 perihal kunjungan kenegaraan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia, disampaikan jika ‘pelayan dua kota suci’ itu berkeinginan memperpanjang masa liburannya di Bali hingga 12 Maret 2017. Surat itu ditujukan kepada Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga :  Kontroversi Perkara Bos Hotel Kuta Paradiso, Kejati Bali Diminta Hentikan Penuntutan

Menurutnya, perpanjangan masa liburan raja sama sekali tidak mengubah pola pengamanan terhadap raja selama berada di Bali. Pengamanan akan tetap diberlakukan. Jumlah personil pun tidak berkurang. Jumlah dan polanya tetap sama. Selama raja berada di Bali, seluruh pengamanan menjadi tanggungjawab Polri dan TNI karena pertimbangan protokoler negara. Menurutnya, dalam konfirmasi dengan pihak kedutaan, tidak ada penjelasan bahwa rombongan lainnya.

“Perpanjangan tersebut berlaku seluruh rombongan yang ada karena tidak ada penjelasan lebih lanjut. Hal ini berlaku juga untuk pengamanan rombongan bila ingin bepergian kemana-mana,” ujarnya.

Sementara untuk agenda liburan raja selama di Bali hingga saat ini belum diketahui dengan pasti. Namun menurut Hengky, yang pasti seperti dalam penjelasan awal, Raja suka Bali karena Bali itu merupakan pulau yang dikelilingi oleh laut dengan pantainya yang indah. Menurutnya, alasan Raja Arab memperpanjang liburannya karena sang raja sangat suka dengan keindahan laut Pulau Bali.

Baca Juga :  Hormati Libur Lebaran, PKB Diundur Satu Pekan

Seperti yang dikatakan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syaikh Osama bin Muhammed Al Shuibi beberapa waktu lalu, bahwa pantai dan laut di Bali sangat indah. “Betul sekali. Baginsa Raja  berkenan berlibur di Bali dengan pertimbangan beliau suka sekali dengan laut dan iklim (cuaca) di Bali stabil, seperti yang disampaikan Dubes Arab untuk Indonesia itu kan,” ujarnya.

Namun beredar isu hangat, bahwa perpanjangan liburannya Raja Arab karena isu dealnya reklamasi Teluk Benoa. Atas hal ini Kabid Humas balik bertanya kepada wartawan yang mencoba menggali informasi tersebut. “Menghangat seperti apa misalnya. Jangan membuat isu-isu yang belum pasti,” ujarnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here