Pemkot Denpasar Siap Sukseskan Pelakaanaan Pemilu Tahun 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari meninjau Gudang Logistik KPU Kota Denpasar di GOR Kompyang Sujana pada Rabu (13/12)

DENPASAR, BERITADEWATA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari meninjau Gudang Logistik KPU Kota Denpasar di GOR Kompyang Sujana pada Rabu (13/12) sekitar pukul 22.30 Wita kemarin. Kunjungan tersebut dilaksanakan guna memastikan surat suara dan logistik perlengkapan pemilu sudah terdistribusi dengan baik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari dalam kesempatan tersebut mengaku sengaja secara mendadak pada malam hari mengunjungi gudang logistik Pemilu 2024 milik KPU Denpasar di Bali. Sejak tiba sekitar pukul 22.30 Wita, ia memantau satu per satu kardus berisi surat suara di mana penyelenggara telah menerima seluruh jenis surat suara yang dicetak di Bali, sedangkan untuk surat suara yang dicetak pusat yaitu untuk pemilihan presiden-wakil presiden dan DPD belum tiba.

“Memang sengaja dadakan menunjukkan bahwa teman-teman KPU daerah masih standby bekerja, dan kita hadir di gudang logistik KPU Denpasar dan mengetahui surat suara untuk pemilu DPR RI Dapil Bali, DPRD provinsi khususnya Dapil Bali I, dan DPRD Denpasar semuanya sudah diterima oleh KPU Denpasar,” ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, logistik surat suara yang sudah ada harus segera disortir. Tujuannya agar KPU segera mengetahui berapa kekurangan yang harus diganti rekanan percetakan serta memastikan bahwa surat suara akan dikemas sesuai dengan peruntukan.

Di Denpasar terdapat 1.887 tempat pemungutan suara (TPS), artinya setelah dilakukan pelipatan oleh relawan yang juga sempat disaksikan langsung oleh Hasyim, seluruh surat suara harus dipastikan berada di tempat-tempat yang sesuai.

Kepala Kesbangpol Kota Denpasar, AA Ngurah Gede Dharma Putra Atmaja mengatakan, Pemilu merupakan panggung demokrasi, dimana suara rakyat menjadi penentu arah masa depan bangsa. Sebagai masyarakat yang cerdas dan bertanggung jawab, seluruh stakeholder untuk menjaga proses pemilu agar berjalan dengan aman, adil dan damai.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk bersaing dengan ide, program dan visi-misi yang konstruktif demi kebaikan bersama. Hal ini lantaran Pemilu yang damai dapat menjadi pendorong kemajuan dan persatuan bangsa.

“Kita menyatakan bahwa perbedaan pandangan politik tidak boleh menghancurkan persatuan sebagai warga Kota Denpasar, kita bersama harus mengedepankan nilai kebersamaan, toleransi dan kesejahteraan bersama,” ujarnya

Dikatakannya, dengan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara, mari bersama berkolaborasi antar instansi dalam menjalankan tugas pemerintahan. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada KPU Kota Denpasar, Bawaslu Kota Denpasar, Aparat Keamanan, Lembaga terkait serta semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu ini.

Dharma Putra menambahkan, bahwa keberhasilan Pemilu Damai tidak hanya bergantung pada pemerintah atau lembaga terkait saja. Melainkan juga terdapat peran aktif dan bijak dari masyarakat. Sehingga sinergitas dan kolaborasi dapat terus diciptakan dalam mewujudkan keamanan, kedamaian serta kelancaran Pemilu 2024.

“Pemkot Denpasar siap mendukung dan memastikan kelancaran proses dan menjaga integritas dari setiap tahapan Pemilu, semoga proses Pemilu ini dapat dilewati dengan kedewasaan, serta keberhasilan Pemilu ini akan menjadi tonggak kejayaan bagi Kota Denpasar,” jelasnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here