Pemkot Denpasar dan Pemkab Gianyar Sepakati Kerjasama Pembangunan Antar Daerah

Pemkot Denpasar dan Pemkab Gianyar Sepakati Kerjasama Pembangunan Antar Daerah

DENPASAR, BERITADEWATA – Pemerintah Kota Denpasar dan Pemerintah Kabupaten Gianyar, telah memulai kerjasama komprehensif, sebagai bagian dari komitmen kolaborasi antar daerah yang berbatasan.

Inisiatif kerjasama ini sendiri, diresmikan melalui penandatanganan Kesepakatan Bersama yang dilakukan oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dan Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa secara terpisah, pada awal Maret lalu.

Saat diwawancara, pada Rabu (6/3) di kantor setempat, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah bukti komitmen bersama untuk meningkatkan kehidupan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi lokal dan pelestarian budaya.

Selain itu, kerjasama ini dinilainya adalah upaya bersama dalam mendukung industri dan perdagangan, yang dapat membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat di Kota Denpasar maupun di Kabupaten Gianyar.

“Kami bertekad untuk mengembangkan sebuah ekosistem yang mendukung inovasi dan keberlanjutan dalam semua aspek,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut, Walikota Jaya Negara mengemukakan, kerjasama ini, tidak hanya sejalan dengan kewajiban konstitusional untuk berkolaborasi di antara wilayah yang berbatasan. Namun juga untuk menciptakan sinergi dalam pengembangan pariwisata, budaya, industri, perdagangan, dan sektor sosial.

“Dengan fokus utama pada pariwisata dan budaya, kita harapkan kerjasama ini dapat memperkuat identitas daerah dan meningkatkan daya tarik wilayah sebagai destinasi wisata global,” ungkapnya.

Sementara itu, saat dihubungi terpisah, Penjabat Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa, menyambut baik adanya kerjasama antara kedua daerah. Pihaknya berharap, kerjasama ini dapat memperkuat kedudukan Bali sebagai destinasi wisata budaya yang berkelanjutan.

“Dengan memanfaatkan potensi kedua daerah dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan serta sosial, Denpasar dan Gianyar tidak hanya akan memajukan ekonomi lokal melalui peningkatan sektor pariwisata dan budaya tetapi juga akan memperkuat kapasitas sosial dan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Dewa Nyoman Tagel juga menyampaikan, dengan adanya komitmen kedua pemerintah daerah, ia meyakini kerjasama ini dapat berjalan dalam kerangka yang luas dan multifaset.
Dengan menggabungkan sumber daya, keahlian, dan visi, Denpasar dan Gianyar bertujuan untuk mencapai tujuan bersama dalam menghadirkan pengalaman yang kaya dan membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat.

“Kerjasama ini juga diharapkan menjadi model bagi pembangunan antardaerah lainnya, menunjukkan bagaimana sinergi dan kolaborasi dapat memperkuat kemajuan sosial dan ekonomi,” tutupnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here