Pemkab Klungkung Launching Aplikasi SRIKANDI

Launcing Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), di ruang vicon (video conference) Kantor Bupati Klungkung, Kamis (1/2).

KLUNGKUNG, BERITADEWATA – Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana launcing Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), di ruang vicon (video conference) Kantor Bupati Klungkung, Kamis (1/2).

Aplikasi SRIKANDI yang diluncurkan pemerintah adalah aplikasi yang diharapkan dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata Kelola pemerintahan berbasis elektronik. Aplikasi ini sebagai bagian dari Pelaksanaan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dengan aplikasi ini nantinya dapat menyimpan dokumen-dokumen penting dalam sistem pemerintahan seperti nota pembayaran. Arsip juga harus dikelola dengan baik, mulai dari penciptaan, pengelolaan, pengamanan dan penyusutan arsip sesuai dengan kaidah norma pengelolaan kearsipan.

Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana launcing Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi), di ruang vicon (video conference) Kantor Bupati Klungkung, Kamis (1/2).

Sambutan PJ Bupati yang dibacakan Sekrataris Daerah Anak Agung Gede Lesmana menyampaikan setelah Launching, ini diminta agar aplikasi ini segera dijalankan serta diimplementasikan oleh setiap perangkat daerah guna mewujudkan e-government berbasis teknologi, serta tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel yang kesemuanya akan bermuara pada pelayanan publik yang berkualitas dan terpecaya dalam mendukung klungkung yang unggul dan sejahtera.

“Dengan aplikasi srikandi ini, tentunya bisa memperbaiki dan meningkatkan hasil dari tindak lanjut hasil pengawasan kearsipan dan laporan hasip evaluasi pelaksanaa reformasi birokasi oleh Kemenpan RB terhadap pengelolaan arsip di Kabupaten Klungkung,” harapnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung I Komang Gde Wisnuadi dalam laporanya mengatakan aplikasi Srikandi ini dimaksudkan untuk menerapkan keseragaman didalam pengelolaan arsip diseluruh OPD dilingkup Pemda Klungkung. Komang Gde Wisnuadi juga melaporkan, dalam pelaksanaannya telah dilakukan pelatihan kepada para admin aplikasi Srikandi se Kabupaten Klungkung selama 2 (dua) hari lamanya.

Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Imam Gunarto dalam video zoom menyampaikan dalam aplikasi SRIKANDI setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa serta keberadaan SRIKANDI adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here