Pemkab Buleleng Haturkan Sembah Bakti di Pura Mandara Giri Lumajang

Pemkab Buleleng Haturkan Sembah Bakti di Pura Mandara Giri Lumajang

Buleleng – Pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan upacara bakti penganyar serangkaian Upacara Piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (16/7). Pelaksanaan Bakti Penganyar dipimpin langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST. Piodalan pada tahun ini serangkaian Pujawalikrama yang dilaksanakan setiap tahun tepatnya saat purnama sasih kasa.

Bakti Penganyar melibatkan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Buleleng tampak juga dihadiri Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Sekda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka MP, serta Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Terlihat juga Ketua PHRI Bali Cok Ace ikut berbaur ditengah tengah pemedek. Ritual setahun sekali di pura terbesar di Jawa Timur tersebut dipuput Ida Peranda Gede Putra Kemenuh dari Geria Suksada, dan Ida Peranda Gede Mas Dwija Putra dari Geria Taman Sari Baturiti Tabanan. Pemkab Buleleng juga ngaturang punia sebesar 15 juta rupiah.

Baca Juga :  Dukung Bali Spirit Festival 2019, Pemprov Optimis Berikan Dampak Positif Bagi Perekonomian Bali

Pinandita Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, Mangku Marto menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Buleleng karena sudah melakukan bakti penganyar di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang. Ia menjelaskan, untuk tahun ini, puncak wali sudah dilaksanakan pada Sabtu (8/7/2017) lalu.

“Ida bhatara katuran nyejer selama sebelas hari dan mesineb pada Rabu (19/7/2017) mendatang,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Suradnyana mengatakan, Upacara Nganyarin sebagai wujud syukur kepada Hyang Wihdi Wasa, sebagai Yang maha Pencipta. Bupati Suradnyana mengungkapkan Pemkab Buleleng selalu rutin melaksanakan bakti penganyar.

“Kali ini piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung kembali Pemkab Buleleng melaksanakan Bakti Penganyar dan pada kesempatan ini juga banyak dihadiri oleh pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng dan masyarakat Buleleng,” ujarnya.

Baca Juga :  AQUA Mambal Serahkan Bantuan Terkait COVID-19 Untuk Badung Dan Tabanan

Sehari sebelumnya, Bupati Agus Suradnyana melakukan trail adventure bersama Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Kepala BPBD Buleleng Made Subur, Kabag Humas & Protokol DPRD, Gede Putra Aryana, Kabag Humas & Protokol Setda Made Supartawan, Kasubag Pemberitaan Humas Cok Adithya , Kasubag Protokol Ketut Suarmawan. Mengambil start sejak pukul 5 pagi dari Puncak Gunung Bromo, Bupati PAS dan rombongan dengan menggunakan motor trail menuju Kabupaten Lumajang melintasi pegunungan dan tiba di Pura Mandara Giri , Lumajang pukul 16.00 Wib.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here