Pemerintah Desa dan Puri Agung Blahbatuh Gandeng PSHT Gelar Baksos Donor Darah

GIANYAR, Berita Dewata – Meriahkan dan menyambut Hari Jadi Republik Indonesia (RI) ke-75, Pemerintah Desa dan Puri Agung Blahbatuh Kabupaten Gianyar menggandeng Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Gianyar menggelar acara Bakti Sosial Donor Darah.

“Dasar penyelenggaraan Baksos Donor Darah ini adalah karena rasa kemanusiaan, melihat kondisi saat ini, masyarakat banyak yang butuh bantuan darah, sekaligus memeriahkan menjelang perayaan 17 Agustus,” kata Gede Satria Kusuma selaku Perbekel Desa Blahbatuh, Gianyar, Sabtu 15 Agustus 2020.

Hadir diacara tersebut, Dewan Penasehat PSHT Cabang Gianyar, I Gusti Ngurah Jelantik, Ketua PSHT Haji Sunarwandi, Perwakilan Pusat PSHT Madiun, Djuworo, Mas Sunarto selaku ketua PSHT cabang Denpasar, dan tokoh Puri Agung Blahbatuh, A. A Kakarsana perwakilan Bupati Gianyar, dan melibatkan berbagai unsur keamanan.

Pelaksanaan Donor Darah yang di pusatkan di Puri Agung Blahbatuh dengan mematuhi protokol kesehatan, dimana pengunjung sebelum masuk lokasi di tas suhu badan, dan selama acara diharuskan mengunakan masker. Dan disiapkan sekitar 70 kantong darah oleh PMI Cabang Gianyar. Gede Satria Kusuma mengucapkan terimakasih kepada para pendonor yang sudah meluangkan waktunya untuk kegiatan sosial ini.

“Terima kasih kepada para pendonor yang sudah menyumbangkan darahnya dengan sukarela, semoga darah yang disumbangkan dapat membantu sesama yang memerlukan,” ujar Perbekel Desa Blahbatuh ini.

Dewan Penasehat PSHT Cabang Gianyar, I Gusti Ngurah Jelantik mengatakan kegiatan kemanusiaan berupa Donor Darah patut didukung semua elemen. Tentunya kegiatan donor darah ini sangat positif karena bisa menyelamatkan nasib manusia tatkala ditimpa musibah berupa sakit.

”Mudah-mudahan apa yang diperbuat akan dapat menambah pundi-pundi amal kebaikan kita semua dihadapan Sang pencipta,” ujar I Gusti Ngurah Jelantik.

Foto bersama Dewan Penasehat PSHT Cabang Gianyar, I Gusti Ngurah Jelantik, Ketua PSHT Haji Sunarwandi, Perwakilan Pusat PSHT Madiun, Djuworo, Mas Sunarto selaku ketua PSHT cabang Denpasar, dan tokoh Puri Agung Blahbatuh, A. A Kakarsana

Ketua PSHT Cabang Gianyar, Haji Sunarwandi mengatakan ketelibatan PSHT dalam kegiatan Donor Darah sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. Kegiatan Donor Darah sebagai wujud kepedulian PSHT dalam membantu PMI untuk memenuhi ketersediaan darah bagi masyarakat di Kabupaten Gianyar.

“Melalui kegiatan Donor Darah ini, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing – masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong – menolong antar sesama manusia, semoga kita menjadi semakin peka dan peduli akan sesama yang membutuhkannya,” kata Haji Sunarwandi.

Haji Sunarwandi menambahkan, bahwa Donor Darah juga baik untuk kesehatan, selain berfungsi untuk memperbarui sel-sel darah merah, antara pendonor dan yang mendapatkan donor juga sama-sama mendapatkan manfaat.

“Salah satu cara untuk menetralisir tubuh supaya stabil, ya dengan Donor Darah, karena jika tubuh kita kelebihan kandungan darah akan mengakibatkan berbagai masalah bagi kesehatan,” jelanya.

Ditambahkan, Djuworo selaku Perwakilan Pusat PSHT Madiun, masyarakat harus betul-betul lebih berdisiplin untuk mematuhi seluruh anjuran pemerintah,

“Kita harus mengaktifkan kembali cara- cara hidup dengan kenormalan yang baru, oleh karena itu diingatkan kembali untuk rutin cuci tangan pakai sabun, gunakan masker bila keluar rumah,” ujar Djuworo.

Tokoh Puri Agung Blahbatuh, A. A Kakarsana menegaskan, masyarakat harus menjaga produktivitas ditengah pandemi virus Covid-19 dengan tatanan baru yang disebut new normal.

Tatanan kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat inilah yang disebut sebagai new normal.

“Rutin cuci tangan pakai sabun, pakai masker saat keluar rumah, jaga jarak aman dan sebisanya mengurangi kegiatan yangrlibatkan orang banyak.” Tutupnya.

 

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here