Para Pendidik Harus Mampu Menguasai Informasi Teknologi

Klungkung – Menyikapi perkembangan Kabupaten Klungkung, khususnya dibidang pendidikan yang merupakan salah satu indikator penyebab naik turunnya IPM (Indek Pembangunan Manusia). Yang menjadi indikator penentuan IPM itu sendiri yaitu sektor pendidikan, sektor kesehatan dan sektor ekonomi. Namun hal yang paling penting dilakukan adalah selalu mengajarkan dan memberikan motivasi sejak dini kepada generasi muda agar mempunyai karakter yang cerdas dan berkualitas. Hal demikian, disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat memberikan pembinaan kepada Kepala Sekolah dan Guru-guru pengajar tingkat SMP di tiga Kecamatan Klungkung yaitu Kecamatan Klungkung, Kecamatan Dawan dan Kecamatan Banjarangkan yang bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, Jumat (15/9/2017).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan hal yang paling penting diperhatikan khususnya dibidang pendidikan yaitu kopetensi dan informasi teknologi. Menurut Bupati Kepala Sekolah dan Guru-guru pengajar harus mampu dan menguasai dengan kecanggihan teknologi. Sebab, di era zaman perkembangan globalisasi sekarang tidak boleh mengabaikan (IT) Informasi Teknologi, “Mari kita perkuat diri di bidang informasi teknologi agar mampu membuat sistem yang kuat di dalam sekolah,” Begitu ajakan Bupati kepada para pendidik saat memberikan pembinaan.

Baca Juga :  Kabupaten Klungkung Mendapat Giliran Diseminasi Dana Desa dari Kementerian Keuangan RI

Lebih lanjut, Bupati menambahkan hal yang tidak kalah pentingnya selalu ajarkan generasi muda agar benar-benar memahami pendidikan karakter, sehingga nantinya bisa mewujudkan generasi yang cerdas dan berkualitas. Pendidikan karakter ini sangat penting, sebab dari karakter yang berkualitas akan mampu menghasilkan sikap maupun berperilaku yang baik dan sopan di dalam masyarakat. “Pentingnya pendidikan karakter harus ditanamkan dan diperkuat kepada seluruh murid-murid di sekolah,” Harap Bupati Suwirta.

Bupati dalam hal tersebut juga memberikan makna dari lagu “Gema Santi” kepada para guru-guru di Tingkat SMP. Karena dalam lagu tersebut berisi ajakan kedamaian dan cinta serta ajakan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Klungkung. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, sehingga anak-anak bisa mamiliki sikap dan karakter yang baik, kreatif dan cerdas. “Makna dari Lagu Gema Santi harus selalu di tanamkan di masing-masing sekolah,” Harap Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Jelang Pelantikan, IGN Jaya Negara dan I Kadek Agus Arya Wibawa Ikuti Prosesi "Mejaya-jaya"

Selain itu, Bupati juga meminta agar di masing-masing sekolah selalu mejaga peraturan tentang merokok, sebab Kawasan Tanpa Rokok (KTR) ini peraturannya harus perlu dijaga dengan sebaik-baiknya demi menjaga kesehatan kita bersama. Kepada Kepala Sekolah maupun masing-masing guru pengajar agar bisa membuat sistem dan inovasi yang kuat di sekolah. “Sistem yang kuat akan memudahkan kita untuk menjalankan tugas dan tupoksi masing-masing dengan baik,” Harap Bupati Suwirta kembali

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menyampaikan pembinaan guru merupakan salah satu fungsi dari manajemen SDM pendidikan. “Kepada semua sekolah dari tingkat Kelompok Bermain, PAUD, TK, SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Klungkung supaya melaksanakan program Pemerintah Kabupaten Klungkung “Gema Santi”, bagaimana nantinya sekolah bisa melaksanakan gagasan ini dengan santun dan inovatif, sehingga sekolah dapat bangkit dan maju di segala bidang,” Ujarnya

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here