Pangdam IX/Udayana Buka Lomba Pidato Kebangsaan

Penyerahan Hadiah Lomba Pidato Kebangsaan

Denpasar – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin S, S.I.P., M.Sc., membuka acara lomba pidato kebangsaan tingakat Kodam IX/Udayana Tahun 2017 dalam rangka kegiatan Komsos kreatif yang melibatkan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari masing-masing Korem yang terpilih melalui seleksi di tingkat Korem jajaran Kodam IX/Udayana, Rabu (19/7) di Aula Udayana Kodam IX/Udayana, Denpasar.

Pada kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan tujuan dilaksanakan lomba pidato kebangsaan ini adalah untuk menggugah dan menanamkan semangat kebangsaan dikalangan generasi muda khususnya para pelajar setingkat SD dan SMP melalui lomba pidato kebangsaan yang materinya terkait dengan empat Konsensus Dasar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, termasuk issue intoleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kegiatan ini juga untuk menjalin Komunikasi Sosial (Komsos) yang sehat dan harmonis melalui perlombaan-perlombaan untuk meningkatkan tali silaturrahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat, hal ini sejalan dengan tema yang diangkat yaitu “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Peserta lomba pidato kebangsaan tingkat Kodam IX/Udayana ini merupakan perwakilan dari Korem jajaran Kodam IX/Udayana yang sudah mengikuti seleksi lomba secara berjenjang, mulai dari lomba antar Koramil di Makodim dan dilanjutkan lomba tingkat Kodim yang dilaksanakan di masing-masing Korem.

Peserta lomba yang mendapatkan juara 1, 2 dan 3 di tingkat Korem berhak untuk mengikuti lomba pada tingkat Kodam\ Kegiatan ini juga diharapkan dapat bermanfaat dalam menumbuhkembangkan, mengasah dan mengelola kreativitas anak Indonesia yang berkualitas melalui lomba pidato kebangsaan.

Foto bersama seluruh peserta lomba

Pangdam juga mengharapkan agar para peserta memanfaatkan ruang kreasi ini secara sungguh-sungguh dengan penuh penjiwaan dan dapat menampilkan yang terbaik serta berkualitas, sehingga kedepan dapat tampil pada even-even yang lebih besar baik berskala nasional maupun internasional.

Lebih lanjut disampaikan lomba yang digelar ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan atau hal serupa, sehingga kedepan tercipta generasi baru Indonesia yang memiliki jiwa patriotik dan cinta tanah air serta mampu mengangkat harkat, martabat dan kejayaan bangsa di kancah nasional maupun dunia.

Pangdam menilai lomba ini sangat penting karena selain untuk melatih mental, juga untuk menggugah semangat putra-putri bangsa terutama generasi muda dalam meningkatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan kesadaran bela negara guna meningkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Hasil keputusan penilaian dari para dewan juri final Lomba Pidato Kebangsaan ini adalah pada tingkat Sekolah Dasar berhasil diraih oleh perwakilan dari Kodim 1626/Bangli atas nama Sang Ayu Natjzwa meraih juara I, perwakilan Kodim 1606/Lombok Barat atas nama Alda Febriyanti meraih juara II dan perwakilan dari Kodim 1617/Jembrana atas nama Ida Ayu Bintang Asri meraih juara III, sedangkan untuk juara lomba pidato tingkat SMP diraih oleh perwakilan dari Kodim 1617/Jembrana atas nama Ni Made Mirah Krisna Devi sukses sebagai juara I kemudian disusul perwakilan dari Kodim 1610/Klungkung atas nama Ni Luh Putu Ayu Yuniantari meraih juara II dan perwakilan dari Kodim 1622/Alor atas nama Rikko Yan Lado Ae merebut juara III, pemenang ini lahir dari penilaian Tim Juri dari Bintaldam IX/Udayana dan dari kalangan profesional.

Disamping lomba pidato kebangsaan, kegiatan komunikasi sosial kreatif ini juga diisi dengan lomba foto dan karya tulis jurnalistik yang diikuti oleh perwakilan Korem yang berhasil memenangkan lomba di tingkat Kodim dan Korem jajaran Kodam IX/Udayana.

Adapun yang berhasil meraih juara dalam lomba photo adalah perwakilan dari Kodim 1611/Badung, atas nama Yudi Karnaedi meraih juara I dengan nilai 400, perwakilan Kodim 1610/Klungkung atas nama I Putu Jodi Setiawan meraih juara II dengan nilai 375 dan perwakilan Kodim 1617/Jembrana atas nama Abdul Najib dengan nilai 350.

Perolehan kejuaraan ini atas penilaian dari Tim Juri dari Pendam IX/Udayana dan dari Kalangan Profesional dengan kriteria antara lain, kesesuaian tema, pencahayaan, komposisi, pesan yang disampaikan dan sudut pengambilan. Kemudian untuk lomba karya tulis jurnalistik atas penilaian juri yang sama yang berhasil meraih juara I adalah perwakilan dari Kodim 1623/Karangasem atas nama I Komang Trisna Angga Pradipta dengan nilai 350, Juara II perwakilan Kodim 1606/Lombok Barat atas nama Ferial Fitri Ayu Supriani dengan nilai 330, dan juara III diraih perwakilan dari Kodim 1601/Sumba Timur atas nama Alfons Nedabang dengan nilai 295. Penilaian ini berdasarkan kriteria yang antara lain, kesesuaian tema, gaya bahasa, tata bahasa, pesan yang disampaikan dan wacana yang ditawarkan.

Acara tersebut dihadiri Kasdam IX/Udayana, Irdam, Danrem 162/WB, Danrem 163/WSA, Asrendam, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, para Komandan/Kabalakdam jajaran Kodam IX/Udayana dan Guru-guru dari sekolah yang anak asuhnya berhasil masuk babak final.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here