Meriahkan Tahun Baru Islam, RISMALA Gelar Lomba Kemerdekaan Lintas Agama

Perbekel Desa Tegal Harum Bapak I Komang Adi Widiantara saat memberikan ucapan selamat kepada Ketua Rukun Warga Muslim (RWM) Musholla Silaturahmi Drs. H Ramly Effendy, Miftachur Rohman selaku Pembina Rismala dan pengurus Rismala

DENPASAR, Berita Dewata – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H Rismala (Remaja Islam Musholla Silaturahmi) gelar acara berbagai kegiatan Lomba Kemerdekaan lintas Agama dengan tema “Dengan Semangat Kemerdekaan Kita Jadikan Tahun Baru 1 Muharram 1442 H Sebagai Momentum Untuk Perubahan yang Lebih Baik”

Acara yang di pusatkan di halaman Mushola Silaturahmi selama 4 hari ini dimulai dari tanggal 20 Agustus 2020 dibuka dengan lomba tennis meja yg melibatkan masyarakat umum, tanggal 21 Agustus 2020, lomba sepeda lambat, dan tanggal 22 Agustus 2020 di gelar lomba mewarnai dan lomba hafalan Bacaan Alqur’an surat pendek, sedangkan pada puncak acara, Minggu, 23 Agustus 2020 lomba foto Genik dan donor darah.

Diungkapkan oleh Miftachur Rohman selaku Pembina Rismala, acara tasyakuran 1 Muharram 1442 H ini yang di adakan oleh pemuda rismala, tentunya acara seperti ini sangat luar biasa dampak nya, contoh kecil, kegiatan lomba yang bersifat terbuka tidak untuk Rismala saja tapi di buka untuk umum.

“Dari lomba-lomba yang kita adakan terutama lomba tenis meja yang juara 1 nya dimenangkan oleh sodara kita yang berbeda agama. Harapan kami ke depan hal hal semacam ini itu akan memupuk rasa toleransi khususnya yang ada di ruang lingkungan Rismala,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan Rismala tersebut melibatkan semua yang ada di lingkungan Rukun Warga Muslim (RWM) yang ada di Banjar Sanga Agung bukan terbatas dari penduduk disini saja tetapi seluruh yang ada di Banjar Sanga Agung kita tidak membedakan suku agama ras dan antar golongan semua boleh mengikuti lomba yang kita adakan dalam rangka 1 Muharram 1442 H.

Miftachur Rohman selaku Pembina Rismala, yang juga aktif di berbagai kegiatan kepemudaan dan keagamaan di wilayah Denpasar

“Harapan kami selaku pembina dari rismala tentunya kedepannya Rismala semakin baik semakin jaya, bisa selalu menjaga toleransi, apa lagi di Bali yang notabenenya kita selalu berdampingan dengan masyarakat yang berbeda suku agama ras dan antar golongan. Juga bertepatan dengan Indonesia Merdeka yang ke 75 dengan momentum 1 Muharram 1442 Hijriyah kita jadikan perubahan yang lebih baik, itu harapan kami,” ujar Miftachur Rohman yang aktif di beberapa organisasi kepemudaan dan keagamaan.

Bersama Rismala (Remaja Islam Musholla Silaturahmi)

Perbekel Desa Tegal Harum Bapak I Komang Adi Widiantara menambahkan, Kami dari pemerintah Desa Tegal Harum mengucapkan apresiasi yang luar biasa tentu nya terhadap rekan-rekan kami, juga terhadap RWM Silahrurahi dan pemuda Rismala yang sudah mengadakan kegiatan positif yang di adakan khusus nya pada hari ini.

“Dan kami harapkan juga bawasannya sebagai miniatur dari pada keberagaman yang ada di wilayah kami di desa Tegal Harum patutlah kegiatan-kegiatan ini di tiru oleh rekan-rekan kami di Banjar Banjar atau dusun dusun lain terkusus RWM-RWM lain nya dan kami harapkan kedepan nya kegiatan positif lain nya dapat terus di lakukan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan di adakan kegiatan seperti ini selain untuk meningkatkan kualitas dari pada rekan-rekan yang bertanding dan juga untuk menjalin silahturahim diantara sesama pemuda dan terkusus kami ucapakan juga bahwasanya kegiatan yang di lakukan pada hari ini dengan melibatkan tidak hanya rekan yang beragama muslim namun juga rekan rekan dari agama lainnya sehingga seperti yang kami sampaikan inilah wujud dari miniatur Indonesia di wilayah kami di desa Tegal Harum.

Kegiatan lomba seperti ini luar biasa, dan kami harapkan rekan rekan kami di dusun-dusun lainnya di Banjar-banjar lainnya meskipun sekarang sedang menghadapi masa Covid-19, tetaplah kita melakukan kegiatan beraktivitas dengan tentunya menerapkan protokol kesehatan. “Harapan kami tentunya tidak berhenti sampai di sini kegiatan ini, harus terus di selenggarakan setiap tahun tentu nya tidak lepas dari dukungan pemuda, tokoh-tokoh dan kami juga dari pemerintah desa Tegal Harum pasti akan mensupport kegiatan kegiatan positif yang ada di wilayah kami,” tegasnya

 

Kegiatan donor darah

Ketua Rukun Warga Muslim (RWM) Musholla Silaturahmi Drs. H Ramly Effendy mengucapkan selamat kepada remaja Islam Mushola Silaturahmi (Rismala) sukses melaksanakan peringatan atau memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H. “Dan diantara manfaanya adalah untuk menjalin silaturahmi antara sesama umat Islam dan umat agama yang lain yang ada di lingkungan Musholla Silaturhmi dan Banjar Sanga Agung,” Tutupnya.

 

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here