Mengapa Sekolah Harus Berbelanja Menggunakan SIPLAah? Ini Alasannya

Mengapa Sekolah Harus Berbelanja Menggunakan SIPLAah? Ini Alasannya

BERITADEWATA – Perkembangan digitalisasi ikut mempermudah pemenuhan berbagai kebutuhan sekolah. Tidak hanya dalam sistem pendidikan dengan melakukan sekolah online, untuk pemenuhan produk barang dan jasa, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan menghadirkan platform SIPLAah sebagai sarana yang aplikatif,mudah dan aman.

Dalam proses belanja, pihak sekolah harus mempertanggung jawabkan ke instansi terkait. Sebelumnya banyak kendala yang terjadi. mulai dari bukti belanja yang hilang, pencatatan ribet, tidak ada staf yang menghandle pembukuan dan lainnya. namun semua masalah tersebut sekarang dijawab oleh platform digital.

Alasan Kenapa Harus Berbelanja dengan Platform SIPLAah
Setiap sekolah membutuhkan banyak barang dan jasa untuk mendukung proses belajar mengajar. Selain jenis barang yang cukup banyak, jumlah pembelian pun bisa meningkat seiring bertambahnya jumlah siswa. untuk produk ATK atau alat tulis kantor repeat order yang dilakukan cukup tinggi. Jika membeli secara langsung ke toko cukup merepotkan.

Apalagi saat pandemi Covid yang berimbas pada pembatasan transaksi offline, mengharuskan pihak sekolah berbelanja secara online. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan sudah menyediakan fasilitas berupa platform yang mendukung kebutuhan tersebut.

SIPLAah merupakan aplikasi yang simpel untuk penyediaan barang dan jasa bagi sekolah dengan fitur yang mudah digunakan. pihak sekolah cukup mendaftar untuk mendapatkan nomor Dapodik yang dibutuhkan dalam proses login. Cara ini menjadikan semua pekerjaan pemenuhan kebutuhan dan pelaporan lebih simpel. Kenapa harus berbelanja dengan aplikasi ini?

1. Resmi dari pemerintah
Aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan ini merupakan platform resmi yang disediakan untuk membantu semua proses pengadaan barang dan jasa. Baik order, penawaran, pembelian, pembayaran sampai monitoring semua terintegrasi menjadi satu sehingga mudah dalam pengawasan dan transparan.

Perintah dan petunjuk teknis penggunaannya sudah diatur dan disosialisasikan sehingga pihak sekolah maupun instansi terkait tidak perlu ragu menggunakannya. Untuk login pun sangat simpel dan bisa dilakukan oleh petugas yang diberi kewenangan. Sampai saat ini penggunaannya sudah merata di hampir seluruh sekolah negeri di Indonesia.

2. Semua produk tersedia lengkap
Platform ini merupakan satu toko yang menyediakan semua perlengkapan untuk proses pendidikan dengan lengkap. Pada awal peluncuran, toko online ini hanya menyediakan buku-buku berbasis kurikulum 2013. Namun sekarang sudah semakin lengkap. Pengelola juga terus bekerja sama dengan supplier dan penyedia barang serta jasa dari seluruh Indonesia.

Sampai saat ini, sekitar 400 ribu sekolah di Indonesia menggunakan fasilitas dari platform ini untuk berbelanja. Pemilik UMKM pun terus memenuhi kebutuhan. Karena data tersaji dalam platform yang mudah diakses, sekolah lebih gampang melakukan negosiasi harga dan membandingkan dengan toko lain untuk mendapatkan produk dengan harga terbaik.

3. Pembuatan SPJ lebih simpel
Pihak sekolah tidak perlu ribet memikirkan pembuatan laporan setelah melakukan pembelanjaan. Semua proses berlangsung secara realtime setelah transaksi berjalan. Tahapan dalam pembelanjaan meliputi: pemesanan, penawaran, pengiriman, penerimaan barang dan pembayaran.

Pihak pembeli dan penjual tidak perlu ragu bertransaksi karena semua terjamin. Sekolah akan mendapatkan barang dan jasa dengan jumlah dan kualitas seperti kebutuhan. Sedangkan penjual akan menerima jaminan pembayaran yang tepat baik jumlah maupun waktunya karena dilakukan oleh instansi terpercaya. kedua pihak juga mudah melakukan komplain jika ada masalah.

4. Mempermudah sekolah dalam mendapatkan barang sesuai kebutuhan
Hadirnya platform ini memudahkan sekolah dalam memenuhi semua kebutuhan karena tersedia dengan lengkap dan dapat diakses dari mana saja. Tanpa harus meninggalkan tugas utama, barang dan jasa bisa diperoleh secara mudah. Apalagi pihak sekolah bisa melakukan tawar-menawar dengan penyedia barang sehingga bisa mendapatkan harga terbaik.

Barang tersebut tersedia di seluruh Indonesia. Jadi sekolah yang berada di perkotaan maupun pedesaan sama-sama mendapat kemudahan. Tidak ada batasan limit pembelanjaan sehingga sekolah dapat memenuhi kebutuhan kapan saja memerlukannya.

5. Mendukung perkembangan UMKM
Dengan adanya pasar online global dan dapat menjangkau sekolah di seluruh Indonesia mendukung perkembangan UMKM untuk memproduksi dan menawarkan barang dagangan.
Proses penawaran langsung membuka potensi bagi UMKM untuk mengenalkan produk secara lebih intensif. Penyedia juga bisa melakukan berbagai strategi marketing seperti pemberian diskon dan promo lebih mudah.

6. Bekerja sama dengan marketplace terpercaya
Dalam proses transaksi, platform ini bekerja sama dengan 18 marketplace sebagai perantara. Salah satu yang terbaik adalah Blibli. Blibli memfasilitasi semua sekolah untuk mendapatkan produk terbaik dengan lebih mudah, murah dan cepat. Melalui marketplace ini, kedua pihak yang bertransaksi bisa merasa lebih aman.

Kehadiran Blibli menjadi jawaban bagi pihak sekolah yang membutuhkan marketplace terpercaya untuk memenuhi produk barang ketika mengakses platform yang disediakan pemerintah. Bukti bahwa Blibli terpercaya sudah dirasakan oleh ribuan sekolah yang menggunakannya sebagai pihak ketiga dalam bertransaksi.

SIPLAah Blibli merupakan jawaban terbaik untuk sekolah maupun penyedia barang dalam memenuhi sarana dan prasarana pendidikan. Dengan demikian, secara tidak langsung pihak yang bertransaksi telah mendukung proses pendidikan terbaik di Indonesia.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here