Lebih dari 6 Ribu Orang Pelaku Koperasi akan Bertemu di Bali pada Pertengahan Juli Mendatang

Lebih dari 6 Ribu Orang Pelaku Koperasi akan Bertemu di Bali pada Pertengahan Juli Mendatang

DENPASAR, BERITADEWATA – Lebih dari 6 ribu orang pelaku koperasi dari berbagai daerah di Indonesia akan bertemu di Bali pada 14-17 Juli tahun 2022 mendatang.

Ribuan orang pelaku koperasi dari berbagai daerah di Indonesia tersebut akan mendatangi Bali dalam acara bertajuk “Wisata Overland Hari Koperasi ke-75” yang akan dipusatkan di Bali.

Sekjen Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sarjono Amsan saat ditemui di Sanur Bali, Kamis (21/4/2022) mengatakan, hari koperasi di Indonesia memang diperingati setiap tanggal 12 Juli. Namun kali ini puncak peringatan hari Koperasi Indonesia yang ke-75 akan digelar pada 14-17 Juli.

“Kami sudah koordinasi dengan pengurus daerah. Ketika disampaikan bahwa puncak peringatan dilakukan di Bali, semua antusias. Mereka secara swadaya dari masing-masing kabupaten untuk berdatangan ke Bali. Mungkin saking kelamaan masa pandemi jarang bepergian. Begitu dengar acara puncak di Bali, mereka ramai-ramai siap berangkat. Lebih banyak yang akan menggunakan jalur darat terutama kabupaten yang ada di Pulau Jawa, Sumatera dan Lombok. Mereka sudah koordinasi akan hadir di Bali dalam tiga hari puncak perayaan tersebut,” ujarnya.

Konfirmasi terakhir menunjukkan, yang berasal dari Pulau Jawa saja ada sekitar 150 bus yang akan masuk ke Bali. Belum yang berasal dari Sumatera bagian selatan dan timur yang bisa dengan mudah memobilisasi perjalan dengan menggunakan bus.

Baca Juga :  Di Warung Rp 20 Ribu, Gas 3 Kg Dipangkalan Resmi Sering Kosong

Kemudian yang berasal dari Provinsi NTB, yang jaraknya sangat dekat dengan Bali sebab mereka tinggal menyeberang ke Bali dan hanya butuh beberapa jam saja. Beberapa provinsi yang datang dengan jalur udara juga tidak kalah antusias yakni mereka yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTT dan Papua.

“Pada intinya, semua antusias dan ingin datang ke Bali saat itu. Kami memperkirakan akan lebih dari 6 ribu orang yang akan bertemu di Bali saat itu. Ini jumlah yang riil, makanya kami sampai meminta dukungan dari Gubernur Bali dan Walikota Denpasar untuk kesuksesan dan kelancaran jalannya acara tersebut. Dan kami didukung penuh oleh Gubernur Bali dan Walikota Denpasar secara riil dan resmi,” ujarnya.

Padatnya peminat dalam peringatan hari Koperasi ke-75 ini membuat panitia menjuluki acara tersebut sebagai “wisata Overland” karena semua orang akan datang ke Bali saat itu.

Antusias peserta itu, menurut Sarjono, karena lokasi Bali yang bisa dijangkau overland dengan menggunakan bus dari pulau Jawa dan beberapa daerah di Sumatera. “Kami perkirakan ada sekitar lebih dari 150 bus yang akan masuk Bali menjelang acara puncak,” ujar Sarjono.

Baca Juga :  Mandiri Siap Mendigitalisasikan Transaksi Keuangan di Desa Wisata Bali

Jadi, masing-masing Dekopin Daerah Kabupaten/Kota kalau satu bus saja dari seluruh provinsi di Jawa, ditambah dua provinsi Lampung dan Sumsel sudah mencapai 150 Kabupaten/Kota. Belum lagi sejumlah koperasi dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti “Wisata Hari Koperasi ke-75” ini.

Pesona Bali dan kejenuhan masyarakat yang segera ingin berlibur setelah “istrahat” karena pendemi covid membuat Hari Koperasi ke-75 ini menarik minat masyarakat, khususnya gerakan koperasi sangat antusias untuk hadir. Apalagi ditambah dengan paket wisata yang ditawarkan oleh Koperasi Wisata di Bali cukup murah dan terjangkau untuk gerakan koperasi.

Ketua Panitia Nasional Peringatan Harkopnas ke-75 Dayan IP Raranta mengatakan, rangkain acara puncak Hari Koperasi di Bali akan dihadiri oleh Presiden Jokowi atau Wakil Presiden KH. Ma’aruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, para menteri kabinet lainnya. Kegiatan puncak yang akan dihadiri oleh Presiden RI yang dipusatkan di Prime Hotel Plaza, Sanur, Denpasar Bali.

Baca Juga :  Koster Targetkan Pembangunan Shortcut Singaraja-Mengwitani untuk Empat Titik Selesai Tahun 2022

Selain itu, akan diselenggarakan Expo Koperasi dan UMKM yang akan menyertakan UMKM dari seluruh Indonesia. “Expo ini akan dijadikan ajang kurasi produk koperasi dan UMKM yang nanti akan ditampilkan pada rangkaian acara KTT G-20 nanti,” ujar Dayan.

Puncak acara juga akan dimeriahkan dengan kompetisi game yang mulai dari semi final akan dilaksanakan di Prime Plaza Hotel. Kompetisi ini akan mencari minat anak-anak muda untuk meramaikan acara ini. Karena kompetisi ini juga memperebutkan hadiah.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, akan dilaksanakan pencanangan penanaman sejuta mangrove yang akan menghadirkan Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Ketua Umum Dekopin.

Kebetulan ketiganya adalah tokoh perempuan sehingga akan menonjolkan aspek peran perempuan dalam pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Jadi aspek partisipasi perempuan dan lingkungan yang sejalan dengan tema G-20 nanti.

“Jadi, perayaan Puncak Hari Koperasi ke-75 ini merupakan bagian dari peran gerakan koperasi untuk mensukseskan G-20. Termasuk menggelar seminar dengan tema-tema seperti Kedaulatan Pangan, Energi Terbarukan dan Partisipasi Kelompok Perempuan dalam issue-issue besar itu,” pungkasnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here