Launching Kawi Smara Umat Muslim, Bupati Klungkung Harapkan Calon Pengantin Penuhi Syarat Layak Menikah

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri undangan pernikahan pasangan Fahri Fauzi dan Niken Nayo Nardi di Masjid Nurul Huda Kampung Gelgel, Minggu (24/7).

KLUNGKUNG, BERITADEWATA – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri undangan pernikahan pasangan Fahri Fauzi dan Niken Nayo Nardi di Masjid Nurul Huda Kampung Gelgel, Minggu (24/7).

Pernikahan ini juga merupakan launching atau penyerahan pertama Kawi Smara (pemberian dokumen kependudukan saat melaksanakan upacara perkawinan) oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk Umat Muslim di Kabupaten Klungkung.

Kawi Smara merupakan program inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klungkung yang difungsikan untuk memotong rantai birokrasi dan meningkatkan cakupan kepemilikan akta perkawinan. Dengan Kawi Smara ini kedua mempelai langsung mendapatkan akta perkawinan, Kartu Keluarga serta KTP baru ketika upacara perkawinan selesai dilakukan.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut Bupati Suwirta mengucapkan selamat dan suka citanya kepada kedua mempelai, beliau juga menyampaikan bahwa penyerahan Kawi Smara untuk Umat Muslim ini dilakukan agar data kependudukan tercatat dengan valid, karena data ini berpengaruh dalam proses pembangunan dan pemenuhan hak-hak warga di Kabupaten Klungkung.

Baca Juga :  Bupati Monitoring Perpanjangan PPKM di Klungkung

Berkaitan dengan Kawi Smara, Bupati Suwirta juga menyampaikan bahwa saat ini stunting pada anak menjadi perhatian serius pemerintah, oleh sebab itu Pemkab Klungkung merancang bentuk konsultasi atau pembinaan dan pemeriksaan kesehatan dalam tiga bulan pranikah kepada calon pengantin sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu, dan ketika nanti saat menikah selain mendapatkan administrasi kependudukan pengantin juga mendapat sertifikat layak menikah.

“Selain yang dua menjadi satu, yang juga terpenting dalam pernikahan adalah anak-anak kita mendapatkan keturunan yang sehat, saat pembinaan apabila pengantin dinilai kurang sehat untuk memiliki keturunan misalnya seperti calon mempelai wanita menderita anemia atau Hb rendah, akan diberikan pendampingan kepada calon pengantin sehingga calon pengantin tersebut dapat menjadi calon orang tua yang sehat”ucap Bupati Suwirta.

Baca Juga :  Bupati Klungkung Panen Perdana Cabai dan Bawang Merah

Launching Kawi Smara untuk Umat Muslim ini turut dihadiri oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung Ida Ayu Putu Sriastuti, SH, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung Komang Dharma Suyasa, serta undangan terkait lainnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here