Kunjungan Raja Arab Bermanfaat bagi Bali

Kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud dan rombongan ke Bali

Beritadewata.com, Kuta – Praktisi pariwisata yang juga mantan anggota DPRD Badung I Wayan Puspa Negara, mengungkapkan, Bali mempunyai kharisma, punya spirit dan taksu yang tidak dimiliki oleh destinasi lainnya. Dimana behavior masyarakat Bali cenderung terbuka dan memberi penghormatan, penghargaan dan keramahan secara  tulus iklas dan sama rata  pada setiap mahkluk entah Raja, entah jelata termasuk seisi semesta.

“Semua diapresiasi tinggi dalam kadar yang sama. Artinya Bali sebagai destinasi internasional didukung oleh kekuatan budaya dan kekuatan akan spirit penghargaan nilai-nilai hak asasi manusia secara nyata dan tulus.” ungkapnya, ditemui di Kuta, Minggu 5 Maret 2017. Menurutnya, pengejawantahan Declaration of Human Right  sesungguhnya teraplikasi dengan harmoni di Bali tanpa kepentingan.

Kunjungan Raja Arab dengan 1500 rombongan ini, tentu bermanfaat bagi Bali dari berbagai segi. Bali mendapat public relation yang tinggi di kalangan warga  Arab/publisitas dan rating promosi Bali naik. Segment market Arab yang selama ini masih sangat kecil bisa meningkat.

Ditengah pilihan Raja Arab untuk berkunjung ke Bali atas info dari warganya yang sudah berkunjung ke Bali,  bahwa Bali saat ini pun mendapat award the best destination in the world versi majalah Destin Asia artinya  kesempatan emas bagi Bali untuk garab turis Arab.

“Karakter turis Arab selama ini di usaha kami terlihat memiliki daya beli yang tinggi karena mereka umumnya couple (bulan madu) dan family dan dalam musim low season ini kamar hotel kami dominan diiisi oleh wisman Arab,” terangnya.

Menurutnya, Bali menjadi trendsenter untuk destinasi bulan madu dan family bagi wisman Arab ataupun bagi wisman lainnya. Bisa memberikan trickle down effec yg baik buat masyarakat karena lama masa tinggal mereka rata – rata, 7 hari cukup lama (long distance) dan suka membeli  cenderamata Bali/souvenir Bali, suka makanan indonesia dan suka pantai.

Praktisi pariwisata I Wayan Puspa Negara

“Jadi kedatangan Raja Arab ke Bali tentu memiliki arti penting bagi pariwisata Bali terutama menyangkut public relation Bali. Saat ini kita di Bali memasuki musim low season (Februari,Maret, April,Mei) tentu hadirnya 1500 rombongan Raja Arab dapat menjadi  coverages /mengisi kekurangan  yang ada saat low season,” imbuhnya.

Diharapkan dari kunjungan ini ada peningkatan kunjungan wisman Arab ke Bali terutama disaat low season atau saat off peak season (September,Oktober, November). jadi kunjungan ini berpotensi menguntung Bali. Dengan catatan keamanan saat kunjungan terjamin dan tidak ada persoalan sekecil apapun. “Kita berharap wisman arab bisa beradaptasi mengikuti karakter dan budaya Bali sebagaimana wisman lainnya. Maka dipastikan kunjungan Raja Salman  memberi impak positif bagi pariwisata Bali,” pungkasnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here