Kerjasama PWI, BI Bali Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi

Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho.

DENPASAR, Berita Dewata – Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali mengadakan pelatihan wartawan ekonomi kerjasama dengan PWI Bali yang dibarengi dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan VI, bertempat di Griya Santrian, Rabu (14/10/2020). Pelatihan wartawan ekonomi digelar dari tanggal 14 s.d 16 Oktober 2020.

“Selain membangun capacity building melalui pelatihan kali ini, harapannya beberapa media yang belum melakukan UKW, dapat mendapatkan gambaran UKW itu sendiri. Hal ini juga penting bagi Bank Indonesia untuk mendorong wartawan memperoleh Sertifikasi Kompetensi Wartawan melalui UKW,” kata Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho dalam sambutannya di hadapan 29 peserta capacity building dan 11 peserta UKW.

Trisno Nugroho juga menjelaskan, pelatihan itu untuk membangun penyampaian informasi yang bersumber dari Bank Sentral kepada publik. Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi, seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat.

“Pengelolaan komunikasi kebijakan kepada stakeholder dan masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung pencapaian visi Bank Indonesia tersebut,” kata Trisno Nugroho.

Ditambahkan, Bank Indonesia sebagai bank sentral, tidak hanya bertugas menjaga stabilitas moneter, sistem keuangan dan sistem pembayaran. Namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kebijakan dan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Selain itu, BI juga menjadi mitra strategis pemerintah yang berperan sebagai advisor Pemerintah Daerah. Pelatihan itu juga memberikan pemahaman komprehensif kepada wartawan melalui berbagai kegiatan.

Dari tempat yang sama Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra menyampaikan, kerja sama antara PWI dan Bank Indonesia bisa terus dijalin. Apalagi katanya sebelumnya BI juga telah memberikan bantuan paket sembako sebanyak 200 paket yang dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Wartawan yang diikuti 11 wartawan yang kesehariannya kerap meliput di Bank Indonesia.

“UKW Angkatan VI ini agak istimewa karena langsung diuji oleh Direktur UKW PWI Pusat,” sebut Dwikora yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali.

Hadir dalam pelatihan hari pertama beberapa narasumber antara lain, M. Setyawan Santoso, (Deputi Direktur Bank Indonesia Provinsi Bali), Fahmi Ahmad (Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Dewi Indriastuti (Kepala Desk Ekonomi Harian Kompas) dan Nita A. Muelgini, (Kepala Divisi PSBI Departemen Komunikasi Bank Indonesia).

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here