Ingin Nyaman Berlibur, Ikuti Program “Sembilan” Staycation Ala tiket.com

Mengintip Protokol Kebersihan dan Kesehatan Hotel di Bali Saat Adaptasi Kebiasaan Baru

DENPASAR, Berita Dewata – Memilih penginapan yang aman di masa transisi atau disebut juga dengan era adaptasi kebiasaan baru, bagi yang sudah tidak sabar ingin liburan meski masa new normal, tiket.com memiliki program baru, bisa menjadi panduan dalam memilih tempat penginapan saat berlibur.

Dijelaskan oleh Dani Purwanto selaku Senior Market Manager tiket.com, bertepatan dengan perayaan ulang tahun tiket.com yang tahun ini memasuki usia ke-9, program staycation ala tiket.com pun mengikuti panduan adaptasi kebiasaan baru dengan tema SEMBILAN (Semangat Kembali Liburan).

Bali menjadi wilayah percontohan dibukanya kembali geliat pariwisata domestik. Untuk itu, tiket.com yang telah memasuki usia 9 tahun ingin lebih meningkatkan kepercayaan para pelanggannya untuk tetap aman berwisata dengan meluncurkan program bernama tiket CLEAN.

Ini adalah fitur terbaru dari tiket.com yang memastikan partner tiket.com untuk memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan juga kebersihan yang dikeluarkan secara resmi oleh badan PBB seperti organisasi kesehatan dunian WHO.

“Program ini sendiri akan menjamin para pelanggan tiket.com untuk mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan protokol kesehatan dan kebersihan yang memadai berdasarkan protokol global dari partner hotel yang telah mengikuti tiket CLEAN,” kata Dani Purwanto, ditemui di Hotel The ONE Legian Bali, Jum’at 28 Agustus 2020.

Dijelaskan Dani, untuk Pulau Bali yang dikenal juga sebagai Pulau Dewata, program tiket CLEAN dari tiket.com diikuti oleh sederet partner hotel dari berbagai klasifikasi, mulai dari tipe homestay hingga bintang lima. Setidaknya hingga Agustus 2020, pelanggan Tiket.com akan menemukan lebih dari 5500 mitra partner hotel atau homestay tiket CLEAN dan jumlah mitra ini juga terus bertambah setiap waktunya.

Melihat dan merasakan secara langsung dengan melakukan staycation di The One Legian

Perwakilan redaksi Berita Dewata di berikan kesempatan untuk melihat dan merasakan secara langsung dengan melakukan staycation di The One Legian yang merupakan hotel pertama di kawasan Legian Kuta Bali yang terverifikasi New Normal kategori akomodasi pariwisata pada bulan Juli 2020.

The One Legian, merupakan salah satu hotel yang menjadi mitra tiket CLEAN dan telah menerapkan prosedur aturan protokol kebersihan dan kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Bisa dilihat secara langsung, mulai saat tamu memasuki gerbang hotel.

Setiap tamu yang datang menggunakan transportasi seperti mobil (termasuk) pengemudi akan dilakukan cek suhu tubuh oleh petugas atau security di gerbang. Hal tersebut juga akan berlaku kepada tamu yang datang menginap saat tiba di pintu depan sebelum memasuki lobby hotel, karena setiap tamu juga akan dicek suhu tubuhnya.

Protokol kebersihan dan kesehatan berupa tempat cuci tangan di depan hotel

Hanya tamu atau pendamping yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat celcius saja yang diperkenankan untuk masuk. Setelah melakukan cek suhu tubuh, pihak mitra hotel tiket CLEAN akan menyiapkan touchless hand sanitizer dispenser untuk dibasuh di tangan tamu sebelum memasuki area dalam hotel.

Di meja resepsionis, tamu pun akan disambut oleh GRO (Guest Relations Officer) hotel yang telah menggunakan atribut protokol adaptasi baru berupa face shield dan masker. Di meja resepsionis juga disediakan hand sanitizer serta papan bertuliskan “area wajib masker”.

Jika tamu tidak menggunakan masker, petugas hotel juga menyediakan fasilitas masker di resepsionis. Setelah melakukan proses check in, tamu yang telah melakukan reservasi melalui aplikasi tiket.com akan diberikan paket tiket CLEAN x ANTIS Sanitizing Kit (berupa masker, hand sanitizer, dan wipe tissue) secara gratis yang dapat digunakan selama staycation.

Ditambahkan oleh Octo Refa selaku Direktor of Seles The One Legian, adaptasi protokol kesehatan baru untuk memutus penyebaran pandemik juga berlangsung di sejumlah bagian penting hotel seperti saat memasuki lift akan terdapat sejumlah marka pengingat untuk setiap tamu agar dapat menjaga jarak. “Kapasitas lift juga dibatasi, maksimal hanya untuk 4 orang saja, disesuaikan dari ukuran lift,” ujar Refa.

Fasilitas gelas di dalam kamar telah menggunakan gelas sekali pakai atau paper and plastic cup

Berlanjut memasuki area kamar, setiap handle pintu kamar telah digantungkan tanda bertulisan “Kamar ini sudah Didesinfeksi” yang menjelaskan bahwa kamar tersebut sebelumnya sudah dibersihkan sesuai standar kebersihan.

Beberapa fasilitas di dalam kamar pun terdapat beberapa perubahan dari standar regular sebelumnya, di mana seluruh fasilitas gelas di dalam kamar telah menggunakan gelas sekali pakai atau paper and plastic cup.

Hal ini diterapkan, tentu guna mencegah penyebaran virus melalui penggunaan gelas kaca yang biasanya digunakan kembali oleh tamu kamar berikutnya walaupun telah dilakukan standar pembersihan.

Selain itu fasilitas seperti handuk-handuk di kamar mandi telah dikemas masing-masing menggunakan plastic zip lock guna memastikan bahwa handuk yang diterima tetap bersih bebas kuman sampai di tangan tamu.

Staycation di hotel tentu tidak terlepas dari situasi makan pagi atau breakfast yang menjadi paket menginap umumnya. Nah, untuk memasuki area restoran untuk bersantap, petugas juga akan kembali mengecek suhu tubuh tiap para tamu yang masuk.

Selain itu, petugas restoran di dalam hotel pun juga diwajibkan untuk selalu mengenakan masker, sarung tangan, dan face shield. Para petugas ini juga selalu menjaga jarak atau physical distancing selama melakukan tugasnya dalam melayani tamu.

Panduan untuk menjaga jarak juga bisa dilihat dengan jelas oleh para tamu di seluruh area hotel, mulai dari lantai restoran, area lobi hingga meja makan atau meja di lobi agar tetap menerapkan jarak di mana pun berada saat di areal hotel.

Kolam renang sendiri telah menjalani prosedur disinfektan klorin dengan kadar 10 ppm dan PH 7,2 – 8.0 sesuai aturan dari Kemenkes RI

Tamu pun dapat mengakses fasilitas kolam renang di dalam area hotel dengan menerapkan protokol kesehatan baru, seperti misalnya jumlah tamu yang boleh masuk areal kolam dibatasi hingga maksimum 20 orang saja. “Kolam renang sendiri telah menjalani prosedur disinfektan klorin dengan kadar 10 ppm dan PH 7,2 – 8.0 sesuai aturan dari Kemenkes RI.” Terang Refa.

Ditambahkan Dani Purwanto, saat ini, bila pelanggan tiket.com ingin merencanakan staycation di hotel atau pun homestay dapat mengetahui lebih detail tentang fitur tiket CLEAN hanya dengan melihat logo atau stamp tiket CLEAN yang ada di aplikasi maka menandakan hotel ini sudah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan yang dirilis oleh badan kesehatan dunia WHO.

“Setidaknya hingga Agustus 2020, pelanggan Tiket.com akan menemukan lebih dari 4000 mitra partner hotel atau homestay tiket CLEAN dan jumlah mitra ini juga terus bertambah setiap waktunya.” Tutup Dani Purwanto.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here