IBI Kabupaten Klungkung merayakan HUT yang ke 66

Klungkung – Tanggal 24 Juni merupakan Hut Ikatan Bidan Indonesia atau IBI yang sekarang genap berusia 66 tahun. Umur 66 memang tidak muda dan sudah matang bagi organisasi profesi yang mampu bertahan sampai sekarang. Untuk di Kabupaten Klungkung Hut IBI baru di peringati pada hari rabu (12/7), yang bertempat diruang pertemuan Ratnadhi Rumah Sakit Bintang.

Dalam acara tersebut hadir Ketua IBI Provinsi Bali Ketut Adi Arini, Ketua TP PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta,Ketua IBI Kabupaten Klungkung N.N Suratni, perwakilan dari Dinas Kesehatan, dan perwakilan BPMDKBPD. Kegiatan tersebut dibuka dengan sajian tari pendet yang uniknya, ketua Ibi Kabupaten Klungkung N.N Suratni juga ikut menari tari pendet tersebut walaupun umur sudah diatas penari lainnya, tapi gerakan tarinya tidak kalah dengan penari lainnya yang masih muda.

Baca Juga :  Bupati Klungkung Lantik Ratusan Pejabat Baru

Ketua panitia Ni Wayan Suwirthi Dalam laporan, bahwa Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merupakan satu-satunya wadah dari para bidan yang mempunyai posisi sangat penting dan strategis dalam pembangunan kesehatan yakni penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), melalui pemeberian pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan paripurna pada setiap tahapan pelayanan kesehatan baik ditingkat primer, sekunder dan tersier serta berfokus pada aspek preventif, promotif, berlandaskan etika dan kode etik bidan melalui kemitraan pemberdayaan masyarakat.

Adapun tema Hut IBI yang ke 66 tahun 2017 yaitu “Bidan Mengawal Kesehatan Perempuan dan Keluarga Dengan Layanan Holistik yang Berkesinambungan”. Beberapa rangkaian kegiatan dalam Hut IBI Klungkung antara lain, kunjungan kerumah ibu hamil yang kurang mampu, melaksanakan pelatihan MU kepada bidan-bidan anggota IBI di Kab. Klungkung, dan memberikan pelayanan gratis khususnya kepada ibu dan anak di BPM pada tanggal 24 juni 2017.

Baca Juga :  Dishub Klungkung Adakan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan

Dalam sambutan Ketua IBI Provinsi Bali Ketut Adi Arini, tanggal 24 juni 2017 merupakan Hut IBI yang ke 66, adalah usia yang sangat matang dengan banyak pengalaman yang sudah dilalui sebagai organisasi profesi. Selain itu, setiap tanggal 5 mei juga diperingati sebagai Hari Bidan Internsional. Sebagai salah satu kegiatan dalam rangkaian Hut IBI ke 66 dan Hari Bidan Internasional tahun 2017, IBI melakukan Pemeriksaan IVA kepada perempuan, dilokasi dan oleh bidan terbanyak secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 5 juli 2017 seluruh Indonesia. Di 2.592 ranting IBI, oleh 10.368 bidan kepada 31.104 perempuan yang menjadikan kegiatan ini akan dicatat sebagai rekor Muri. Dan berharap di usia ke 66 tahun, pelayanan lebih tulus mampu melaksanakan tugas dengan standard pelanyanan Kemenkes.

Baca Juga :  Perkuat SPBE, Pemprov Bali Sambut Baik Penyelenggaraan Workshop BSSN

 

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here