Empat Mahasiswi Bali Mendapat Beasiswa dari Pemerintah Jepang

Konjen Jepang Berfoto bersama Para Penerima Beasiswa, Pejabat Dinas Pendidikan Bali, Persada Bali dan Akedemisi Perguruan Tinggi asal Para Penerima Beasiswa

Denpasar – Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar mengadakan acara Pelepasan Mahasiswa Penerima Beasiswa Program Japanese Studies Pemerintah Jepang (Mobukagakusho) dan Program Kerjasama antar Universitas 2017 bertempat di Kediaman Dinas Konsul-Jenderal Jepang di Denpasar pada tanggal 25 Agustus 2017.

Para penerima beasiswa Pemerintah Jepang tersebut adalah dua mahasiswi Universitas Udayana, yaitu Komang Yuni Anggarawati dan Yumadia Utami, serta satu mahasiswi STIBA Saraswati, Ni Nyoman Tri Lestari, yang dinyatakan lulus untuk mengikuti program pemahiran berbahasa Jepang di perguruan tinggi di Jepang selama satu tahun setelah melalui tes administrasi, tes tulis dan tes wawancara.

Acara ini juga diikuti Ni Made yani Anggarawati, seorang mahasiswi Universitas Udayana yang menerima beasiswa Pemerintah Jepang melalui program kerjasama antar universitas (U to U) antara Universitas Udayana dan Kobe Women’s University.

Baca Juga :  Kwarda Bali Gelar KMD untuk Pamong SBH

Acara ini dihadiri oleh pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali, pimpinan Persada (Persatuan Alumni dari Jepang) Bali serta akademisi dari perguruan tinggi asal para penerima beasiswa. Konsul-Jenderal Jepang di Denpasar, Mr. Hirohisa CHIBA melalui rilis yang di terima redaksi, Jumat 25 Agustus 2017 menyampaikan pesan kepada keempat mahasiswi penerima beasiswa untuk memanfaatkan kesempatan di Jepang sebaik-baiknya untuk belajar bahasa dan budaya Jepang sekaligus memperkenalkan Indonesia khususnya Bali kepada masyarakat Jepang.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan provinsi Bali yang diwakili I Wayan Suarna selaku Ketua Bidang Pembinaan Ketenagaan menyambut baik pemberian beasiswa Pemerintah Jepang kepada mahasiswa dari Bali, dan berharap kedepannya semakin banyak mahasiswa Bali yang mengambil peluang belajar di Jepang melalui jalur beasiswa pemerintah Jepang.Saat ini sekitar 2500 mahasiswa Indonesia sedang menempuh pendidikannya di Jepang.

Baca Juga :  PPDB SMAN dan SMKN Dibuka 22 Juni 2022, Tampung 45.721 Lulusan SMP

Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah penerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan adalah Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA, Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi para guru.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here