Dubes AS Minta Solusi Free Port Menguntungkan Semua Pihak

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan saat mengadakan kunjungan ke Depo Sampah Cemara

Beritadewata.com, Denpasar – Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan meminta agar polemik Free Port antara Pemerintah Indonesia dengan Amerika agar segera diselesaikan dengan solusi yang menguntungkan semua pihak. Ia mengaku, konflik Free Port saat ini sedang dalam pengamatannya secara saksama.

Menurutnya, masalah Freeport merupakan persoalan yang terus diamatinya. Ia berharap baik Pemerintah Indonesia maupun Freeport dapat berunding dan menghasilkan kesepakatan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. “Ini adalah isu atau permasalahan yang kita amati dengan sangat dekat. Kami terus mendukung kedua belah pihak untuk terus membuka channel komunikasi agar mereka bisa mencapai solusi yang menguntungkan kedua belah pihak,” kata Joseph di sela kunjungan ke Depo Sampah Cemara, Kamis (23/2) di Sanur, Denpasar Bali.

Baca Juga :  Modal Dasteran Dirumah, Ibu Muda Ini Sukses Raup Untung Milyaran

Setidaknya dengan begitu, kata dia hal ini akan memberikan pesan dan kesan positif bagi investor, baik yang sudah ada maupun yang akan datang yang akan berinvestasi di Indonesia, menunjukkan bahwa negeri ini memiliki daya saing secara global.

Ia berharap persoalan kemelut Freeport dan Pemerintah Indonesia dapat segera diatasi. Saat ini, ia melanjutkan, proses negosiasi keduanya tengah dan masih terus berlangsung.‎ “Kita berharap permasalahan ini bisa diatasi dengan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak dan prosesnya tengah berlangsung,” katanya.

Joseph hanya bisa tertawa ketika ditanyakan apakah ada instruksi khusus dari Presiden Donald Trump mengenai polemik tersebut. Selain itu, konflik Free Port sama sekali tidak menjadi kendala bagi investasi di Indonesia. Bahkan selama ini pihaknya belum pernah menerima laporan soal keluhan atau pertanyaan dari investor soal Indonesia.

Baca Juga :  Utamakan Prokes, Pergerakan Penumpang Bandara Ngurah Rai Bali Naik Signifikan

“Belum ada pertanyaan soal investasi di Indonesia yang menyangkut Free Port. Semuanya masih baik-baik saja,” ujarnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here