Dua Buronan Imigrasi Asal Rusia Ditangkap

Dua Buronan Imigrasi Asal Rusia Ditangkap

REPORTASEBALI.ID, DENPASAR, BeritaDewata – Tim Resmob Polda Bali bersama petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai berhasil menangkap dua orang DPO Warga Negara Rusia.

Mereka adalah Andrew Ayer alias Andrey Kovalenko beserta istrinya Ekaterina Trubkina. Kedua WNA asal Rusia ini berhasil ditangkap di villa yang berada di kawasan Seminyak, Bali, Rabu dinihari (24/2/2021) sekitar pukul 01.30 Wita. Penangkapan dilakukan oleh Tim Resmob Polda Bali beserta Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

Kepala Kantor Wilayaj Kementerian Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk membenarkan penangkapan dua buronan Imigrasi tersebut. Selama proses pengejaran dan pencarian kedua orang DPO tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai mengerahkan seluruh jajarannya untuk melakukan pencarian di seluruh wilayah Bali untuk mencegah kedua orang DPO tersebut melarikan diri keluar Bali dan berkoordinasi dengan pihak TNI, Polri dan instansi terkait untuk mencari keberadaan DPO tersebut.

“Setelah 13 hari melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut, Tim Resmob Polda Bali bersama dengan Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai tanggal 23 Februari 2021 Pukul 21.50 WITA bergerak menuju salah satu tempat yang diduga sebagai tempat persembunyian yang berada di wilayah Kuta Utara dan didapat informasi bahwa kedua orang DPO tersebut tinggal di Area Canggu.

Pukul 22.00 WITA, tim bergerak menuju lokasi salah satu villa di Jalan Bumbak Dauh dan didapatkan keterangan bahwa kedua orang DPO Warga Negara Rusia tersebut sudah pindah ke sebuah vila di kawasan Jalan Umalas I. Pukul 01.15 WITA, Tim yang telah tiba di lokasi kemudian langsung melakukan penggeledahan rumah untuk mencari keberadaan DPO tersebut dan tepat Pukul 01.30 WITA tim berhasil menemukan kedua orang DPO Warga Negara Rusia tersebut di dalam Villa,” ujarnya.

DPO Warga Negara Rusia tersebut saat ini diamankan di ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Mabes Polri di Jakarta, Polda Bali, Kodam IX Udayana, serta seluruh masyarakat Bali yang telah membantu dalam memberikan informasi serta melakukan proses pencarian. Kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Direktur Reserse Kriminal Umum beserta tim Resmob Polda Bali yang sangat luar biasa mendampingi pencarian dari awal hingga ditemukannya kedua DPO asal Rusia tersebut.Apresiasi yang tinggi pula disampaikan kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai beserta jajaran yang telah berusaha maksimal dalam pencarian dan penangkapan. Kami akan meningkatkan kerja sama dengan Polda Bali dalam penguatan pelaksanaan SOP penanganan detensi,” ujarnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here