Dorong Digitalisasi Industri Manufaktur, XL Axiata Kenalkan Solusi Smart Manufacture

Dorong Digitalisasi Industri Manufaktur, XL Axiata Kenalkan Solusi Smart Manufacture

JAKARTA, BERITADEWATA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) mengenalkan solusi digital yang bermanfaat untuk mengakselerasi proses digitalisasi di industri manufaktur Indonesia.

Solusi Smart manufacture dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut menawarkan manfaat berupa peningkatan efisiensi operasional, peningkatan nilai tambah, dan peningkatan kualitas produk. Tentu saja, penerapan solusi ini akan meningkatkan kinerja perusahaan dan daya saing suatu perusahaan manufaktur.

Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata mengatakan, Sepanjang tahun 2023 kemarin industri manufaktur mencatatkan kinerja yang sangat baik dan berkontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Bahkan Indonesia masuk 10 besar penyumbang produk manufaktur dunia, sekaligus satu-satunya negara ASEAN yang masuk daftar tersebut.

“Guna mendukung peningkatan kinerja industri manufaktur Indonesia, XLABS mendorong penerapan digitalisasi di kalangan teman-teman sektor manufaktur melalui produk solusi Smart Manufacture ini.” ujarnya.

XL Axiata Smart Manufacture merupakan solusi IoT untuk mendigitalisasikan aset seperti mesin, sensor, PLC, robot, dan motor dari industri manufaktur, dimana data-data yang dihasilkan dapat ditangkap, dikirim melalui jaringan XL Axiata, divisualisasikan, dan dianalisis lebih lanjut melalui suatu dashboard. Menurut Feby Sallyanto, dulu perangkat keras yang digunakan di mesin industri masih terikat dengan perangkat lunaknya sehingga sulit untuk didigitalisasi.

Saat ini, dengan adanya protokol yang terstandarisasi pada hampir semua produsen perangkat keras, serta solusi XL Axiata Smart Manufacture yang dapat menangkap dan mengolah data, XLABS dapat membantu digitalisasi di sektor manufaktur lebih cepat, aman, dan terintegrasi.

Salah satu perusahaan manufaktur yang mengimplementasikan solusi XL Axiata Smart Manufacture adalah PT Kobelindo Compressors. Kobelindo melakukan transformasi digital dengan memanfaatkan Teknologi IoT untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data kinerja kompresor. Data ini kemudian akan disajikan untuk memberikan masukan dan pengingat kepada user perihal detail kinerja mesin mereka secara real-time.

Kumpulan data-data yang disimpan di cloud XL Axiata akan dianalisa untuk memberikan rencana pemeliharaan mesin di waktu yang tepat sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal. Solusi XL Axiata Smart Manufacture yang terus berkembang untuk kebutuhan pelanggan merupakan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Kobelindo sehingga dapat meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Kobelindo merupakan distributor tunggal kompresor udara merek Kobelco di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam kompresor udara, termasuk kompresor ulir, kompresor sekrup, dan kompresor piston. Kobelindo juga menawarkan layanan purna jual, seperti pemeliharaan, perbaikan, dan suku cadang. Perusahaan ini melayani berbagai macam industri, termasuk manufaktur, pertambangan, dan energi.

Dengan penerapan XL Axiata Smart Manufacture, Kobelindo memperoleh manfaat berupa kemampuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada kompresor secara lebih cepat dan akurat, sehingga dapat mencegah downtime dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, perusahaan bisa mengoptimalkan penggunaan energi dan bahan baku, sehingga dapat menghemat biaya produksi. Kobelindo juga mampu meningkatkan kualitas produk dan relasi dengan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here