Dokar Gratis Kelilingi Obyek City Tour Denpasar

Wakil Walikota Denpasar I.G.N Jaya Negara

DENPASAR – Meningkatkan kunjungan pariwisata Pemerintah Kota Denpasar menggunakan dokar hias sebagai alat transportasi di objek Denpasar Heritage City Tour. Dokar hias “Denpasar Heritage City Tour” resmi di buka Wakil Walikota Denpasar I.G.N Jaya Negara di tandai dengan penyerahan pecut kepada kusir dokar di Kantor Tourist Information Centre (TIC) Jumat (13/10). Dilanjutkan dengan mengajak para wisatawan mancanegara dan domistik yang hadir di Denpasar mengelilingi Heritage City Tour Kota Denpasar.

Angkutan dokar yang disediakan Pemkot secara gratis ini dapat dinikmati wisatawan setiap hari Kamis hingga Minggu dari Bulan Oktober hingga Desember 2017. Tampak pula dalam berkeliling dengan angkutan tradisional di Denpasar ini diikuti, Wakil Walikota I GN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar A.A. N Rai Iswara, Kepala PHRI Kota Denpasar, Kepala RRI dan beberapa wisatawan mancanegara.

Baca Juga :  BNN Denpasar Tes Urine 1.800 ASN di 10 OPD Pemkot Denpasar

Wakil Walikota IGN Jaya Negara mengatakan, dokar hias ini di launching untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek Heritage City Tour Kota Denpasar. Mengingat lebih dari 50 persen pendapatan masyarakat Denpasar bersumber dari pariwisata. Jaya Negara juga mengaku pendapatan Kota Denpasar lebih banyak berasal dari pajak hotel dan restoran. Maka dari itu salah satu terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan memanfaatkan dokar hias ini.

Selain itu dengan menggunakan dokar diharapkan dapat meningkatkan dan menginformasikan angkutan tradisional Denpasar. Mengingat jaman globalisasi saat ini dokar kurang diminati masyarakat sebagai alat transportasi tradisional. ‘’Melalui program ini kusir dokar kembali bisa eksis seperti jaman dulu, untuk itu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,’’ ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara mengaku bahwa kegiatan ini bukti nyata bahwa atraksi wisata di Kota Denpasar turut melestarikan budaya dengan menghidupkan kembali masyarakat angkutan tradisional dokar dan melibatkan masyarakat kusir dokar itu sendiri. ‘’Kiranya atraksi wisata ini dapat menambah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Kota Denpasar khususnya meningkatkan wisata Denpasar Hertage City Tour’’ harapnya.

Baca Juga :  Ayo Hadiri dan Meriahkan Kegiatan KRI Suci - 945 di Pelabuhan Benoa Bali

Sementara Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar A.A Bagus Sudharsana mengatakan Dinas Pariwisata telah memfasilitasi dokar hias ini, sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara bisa menikmati transportasi dokar untuk mengelilingi kawasan Denpasar Heritage City Tour secara gratis setiap hari Kamis hingga Minggu di bulan Oktober sampai Desember mendatang.

A.A Bagus Sudharsana menjelaskan wisatawan dapat menikmati angkutan dokar yang start dari kantor TIC dan kembali fhinis di kantor tersebut. Wisatawan akan diajak mengelilingi rute Denpasar Heritage City Tour meliputi Hotel Inna Bali, kawasan Jero Kuta, kawasan Jl. Gajah Mada, Lapangan Puputan.

Salah Satu Perkumpulan Dokar Hias Nyoman Matra Manik mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar karena telah bersedia menggunakan dokar sebagai fasilitas Denpasar heritage city tour. Dengan program ini maka dokar akan kembali eksis di Kota Denpasar. ‘’Karena setiap hari Kamis hingga Minggu kami bisa melayani wisatawan keliling ke Denpasar Heritage City Tour,’’ ujarnya.

Baca Juga :  Pemprov Bali Gelar Rapat Kebijakan Perbankan di Masa Pandemi

Salah satu wisatawan Philip Malcolm asal Australia mengaku senang bisa naik dokar berkeliling Denpasar dan mengetahui kawasan heritage Denpasar. ‘’Terimakasih Pemerintah Denpasar, dan masyarakat yang sangat welcome dengan wisatawan serta kota ini sangat nyaman bagi wisatawan,’’ ujarnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here