Dinkes Denpasar Berikan Vitamin A Serentak di Bulan Februari

Dinkes Denpasar Berikan Vitamin A Serentak di Bulan Februari

DENPASAR, BeritaDewata – Sebagai upaya mendukung kesehatan masyarakat termasuk didalamnya Balita, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar turut memberikan Vitamin A secara serentak kepada bayi. Kegiatan rutin tahunan ini digelar setiap Bulan Februari dan Agustus. Demikian diungkapkan Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Ni Putu Sri Armini saat dikonfirmasi Rabu (5/2).

Lebih lanjut dijelaskan, Vitamin A memiliki manfaat yang besar dalam mendukung kesehatan bayi. Dimana, Vitamin A sangat baik untuk mendukung pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibody, juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea, dan kebutaan.

“Pemberian Vitamin A dengan beragam manfaat besar adalah untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi,” paparnya.

Sri Armini mengatakan, pemberian Vitamin A secara serentak ini dilaksanakan langsung menyasar desa/kelurahan dengan melibatkan posyandu, puskesmas, TK/PAUD, dan pusat layanan kesehatan lainya. Adapun bayi yang berusia 6-11 bulan diberikan Vitamin A Biru dan Balita 12-59 bulan diberikan Vitamin A Merah.

“Jadi masyarakat dapat memperoleh Vitamin A pada posyandu yang digelar rutin dan sistem jemput bola dengan menyasar TK/PAUD atau puskesmas dan layanan kesehatan lainya,” jelasnya.

Untuk tahun 2020 di Kota Denpasar dialokasikan Vitamin A Merah sebanyak 38.000 kapsul, dan Vitamin A Biru sebanyak 6.550 kapsul. Sehingga total keseluruhan jumlah vitamin A di Kota Denpasar mencapai 44.550 kapsul.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk ikut aktif mengajak sang buah hati untuk mendapatkan vitamin A, hal ini lantaran manfaat yang dirasakan sangat besar untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi,” paparnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here