Daftarkan JKN-KIS, Bentuk Cinta untuk Karyawan

Melky Sedek Lay / Istimewa

Denpasar – Mendaftarkan semua karyawan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah kewajiban dari semua Badan Usaha. Hal ini pula yang dilakukan oleh Melky sebagai warga negara yang baik dan sebagai bentuk kepedulian dalam memastikan jaminan kesehatan bagi karyawan di Badan Usaha tempatnya bekerja.

“Menjadi Peserta JKN-KIS selain diwajibkan oleh pemerintah, juga merupakan bentuk proteksi dini terhadap diri sendiri khususnya dalam bidang kesehatan karena kita tidak tahu kapan sakit itu akan datang,” ucap Melky.

Melky Sedek Lay yang akrab disapa Melky adalah peserta JKN-KIS segmen PPU kelas 2. Pria berperawakan tinggi tegap ini sehari harinya berprofesi sebagai HRD sekaligus staf pembina di salah satu Badan Usaha yang terdaftar di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Denpasar.

“Jika suatu saat sakit maka kepesertaan JKN-KIS ini akan sangat berarti dan kita tidak perlu memikirkan lagi biayanya, akan tetapi jika kita selalu sehat tentu hal ini adalah rejeki dan iuran yang kita bayarkan akan bermanfaat untuk peserta JKN-KIS lainnya yang membutuhkan,” cetus Melky.

Proses kepesertaan JKN-KIS bagi Badan Usaha kini sudah semakin mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan aplikasi New e-Dabu. Aplikasi New e-Dabu adalah aplikasi online BPJS Kesehatan untuk memudahkan pihak Badan Usaha dalam mengolah data peserta JKN-KIS.

Pada aplikasi New Edabu ini terdapat beberapa fasilitas yaitu tambah peserta baru/ tambah anggota keluarga baru dan tambah anggota keluarga tambahan (orang tua, mertua), penonaktifan peserta dan anggota keluarga inti (istri/suami, anak), cetak E-ID, ganti faskes, update gaji, update identitas berdasarkan inquery NIK, mutasi pindah PBPU ke PPU, mutasi pindah PPU ke PPU, cek tagihan, dan masih banyak lagi.

“Badan Usaha tempat saya bekerja ini adalah perusahaan pengelolaan tenaga kerja yang ditempatkan di berbagai instansi, setiap tahun selalu ada perubahan karyawan dan saya selalu mendaftarkan semua karyawan ini sejak awal kontrak kerja disepakati untuk memenuhi kewajiban sebagai Badan Usaha yang wajib mendaftarkan semua karyawannya menjadi peserta JKN-KIS dan untuk memenuhi hak dari dari karyawan tersebut yang salah satunya adalah mendapatkan jaminan kesehatan”, tutup Melky bersungguh-sungguh. (Adv)

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here