Bupati Klungkung Resmilkan Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya

Acara peresmian Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya di Bundaran jalan Profesor Ida Bagus Mantra Tihingadi Kecamatan Dawan pada Rabu (27/9/2017)

Klungkung – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta didampingi Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra beserta undangan terkait lainnya menghadiri acara peresmian Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya di Bundaran jalan Profesor Ida Bagus Mantra Tihingadi Kecamatan Dawan pada Rabu (27/9/2017) malam.

Ida Dewa Agung Istri Kanya salah satu tokoh yang penting bagi masyarakat Klungkung, beliau merupakan Raja Perempuan Klungkung yang mempunyai prestasi yakni mampu membunuh Jenderal Andreas Victor Michiels pada perang Kusamba yang terjadi pada 24-25 Mei 1949 antara pasukan Belanda melawan Masyarakat Klungkung.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana dalam sambutannya menyatakan maksud dari pembangunan Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya agar masyarakat Kabupaten Klungkung bisa mengenang dan menghormati hasil dari perjuangan Ida Dewa Agung Istri Kanya sebagai sentral dalam perang Kusamba.

Baca Juga :  Suwirta : Arah Jalan Hidup Anda, Anda Sendiri yang Menentukan

Pembangunan Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya memiliki tujuan antara lain, untuk menggugah semangat patriotis bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Klungkung bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang dapat tulus ikhlas dalam menghargai jasa dan pengorbanan jiwa serta raga dari para pahlawan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengharapkan melalui keberadaan patung Ida Dewa Agung Istri Kanya dapat lebih meningkatkan rasa hormat dan bakti masyarakat Kabupaten Klungkung kepada para pendahulu kita, terutama Ida Dewa Agung Istri Kanya, dimana Ida Dewa Agung Istri Kanya sudah melakukan sebuah perjuangan dalam rangka membela kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya Kerajaan Klungkung dan Kabupaten Klungkung pada saat itu.

Baca Juga :  Ny Putri Koster Ajak Florist Bali Gunakan Bunga Hasil Pertiwi Bali

Tentunya tidak mudah dalam mengajak masyarakat untuk tidak melupakan sejarah. karena kadangkala dengan perubahan yang terjadi saat ini dapat mempengaruhi pola pikir hidup termasuk pola pikir kita semua. Keteladanan yang dimaksud bukanlah keteladanan dalam melawan penjajahan yang sesungguhnya, tetapi keteladanan dalam melawan diri sendiri dan kejahatan yang ingin menghancurkan Negara kesatuan Republik Indonesia yang kita semua cintai.

Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya harus benar-benar menyusup kedalam sanubari masyarakat klungkung agar kedepan bisa menjalani kehidupan dengan saling berpegangan tangan dan tersenyum sesuai program aksi Kabupaten Klungkung yakni Gema Santi. Dalam prosesi peresmian Patung Ida Dewa Agung Istri Kanya dikawal pasukan pembawa obor dan pembawa bendera merah putih ditandai dengan penandatanganan Prasasti yang dilakukan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here