Bupati Klungkung pimpin Bakti Penganyar Di Pura Dalem Puri Besakih

Bupati Klungkung pimpin Bakti Penganyar Di Pura Dalem Puri Besakih

Klungkung – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta beserta OPD Kabupaten Klungkung mengaturkan Bakti Penganyar bertempat di Pura Dalem Puri Besakih Kabupaten Karangasem pada sabtu (22/7).

Pura Dalem Puri merupakan Pura tempat berstana Bhatari Durga. Umat Hindu seusai mengadakan Upakara Pitra Yadnya, yaitu ngaben dan Memukur atau Ngeroras biasanya ke Pura Dalem Puri untuk Mendak dan Nuntun Sang Pitara untuk distanakan di Sanggah atau Pemerajan masing-masing. Di areal Pura Dalem Puri di samping ada pelinggih atau bangunan suci tempat memuja Tuhan sebagai Batari Uma Dewi ada juga areal yang letaknya di luar pembatas pura yang disebut Tegal Penangsaran simbol Neraka Loka.

Baca Juga :  Digital Destination dan Nomadic Destination Jadi Fokus Pengembangan Pariwisata Indonesia

Pura Dalem yang ada di dalam tembok pembatas pura merupakan simbol Sorga. Sedangkan di luarnya yang disebut Tegal Penangsaran simbol Neraka. Roh orang yang dalam kehidupannya di dunia ini lebih banyak melakukan dharma daripada adharma akan diterima di Pura Dalem Puri. Sedangkan roh orang yang selama hidupnya di dunia lebih banyak melakukan adharmanya akan masuk neraka yang disimbolkan atau divisualisasikan dengan Tegal Penangsaran. Piodalan di pura ini pada hari Buda Keliwon Ugu, sedang setiap tahun pada sasih Kepitu penanggal 1, 3 atau 5 diselenggarakan upakara Yadnya Ngusaba Kepitu.

Kegiatan mengaturkan bakti penganyar ini diselenggarakan berkaitan dengan diadakan upacara Dewa Yadnya yakni karya Pemlaspas, Nubung Pedagingan, lan Ngenteg Linggih. Pada Buda Kliwon Ugu, Rabu (19/7) telah dilaksanakan Puncak Karya yang dipuput Manggalaning Karya Ida Pedanda Gede Peling Penatih dari Gria Carik Sidemen, Ida Pedanda Gede Jelantik Duwaja dari Gria Jelantik Dauh Pasar Buda Keling, Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh dari Gria Gede Sembung, Ida Pedanda Buruan dari Gria Pesraman Manuaba Darmasaba, dan Ida Dalem Semara Putra dari Puri Agung Klungkung, Ida Pedanda Gede Putra Pemaron Sidemen dari Gria Sidemen Mengwi, Ida Pedanda Gede Kerta Yoga dari Gria Panji Buda Keling, dan Ida Pedanda Gede Ngurah Putra Keniten dari Gria Kediri Sangeh. sedangkan Karya Pemlaspas, Nubung Pedagingan lan Ngenteg Linggih akan disineb pada Redite Umanis Klawu, Minggu (30/7).

Baca Juga :  Peringati Hari Jadi, Pangkalan TNI AL Denpasar Laksanakan Ziarah Tabur Bunga

Bupati Suwirta beserta rombongan OPD Kabupaten Klungkung menghaturkan bakti penganyar bertujuan supaya masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali dan Klungkung supaya mendapatkan kerahayuan dan semoga Upacara Karya ini berjalan dengan baik dan Labda Karya. Pada saat prosesi Persembahyangan Bupati Suwirta dan rombongan OPD Kabupaten Klungkung dipuput Jro Mangku setempat. Pada hari yang sama, hadir pula rombongan penganyar OPD Kabupaten Jembrana yang dipimpin Asisten Pemerintahan I Made Wisarjita.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here